Jakarta, Indo Merdeka -Ketua DPR Puan Maharani melantik Ketua Kaukus Perempuan Perlemen Republik Indonesia, KPR RI, secara virtual dari luar lantai 2 Gedung MPR Jakarta kamis (23/7/2020), yang dihadiri Saraswati Djojohadikusumo calon wakil Walikota Tangerang Selatan dan GKR Hemas.

Terpilih sebagai Ketua KPPRI Diah Pitaloka, Badikenita Sitepu, Dewi Asmara, Putih Sari dan Sekjen Lulu Nur Hamidah untuk masa jabatan periode 2020-2024 menggantikan GKR Hemas yang telah mengakhiri masa jabatan sebagai Ketua KPPRI.

Dalam kepengurusan yang baru Puan Maharani didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina dan GKR Hemas sebagai Ketua Dewan Penasehat. KPPRI berdiri tahun 2001 tidak lama setelah era reformasi. Salah satu pengurusnya antara lain artis Tety Kady dan Ratu Indonesia Angelina Sondakh

Dalam sambutannya Puan Maharani minta agar KPPRI tidak terpaku pada afirmasi politik di parlemen tapi juga agar meningkatkan perjuangan perempuan secara adil bersama sama dengan kaum pria untuk bersama mencapai puncak gunung, katanya menyitir pidato Presiden Soekarno yang adalah kakeknya.

“Kita jangan mundur atas perjuangan yang telah dilakukan oleh kaum perempuan terdahulu yang telah mengusulkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, PKS, agar dijadikan Undang Undang yang berlaku positif”,kata GKR Hemas tidak kalah lantang.

Bayangkan ditengah pandemi Covid-19 dari 30 persen kasus, naik menjadi 90 persen dimasa pendemi Covid-19, tambah istri raja Yogyakarta yang terpilih menjadi anggota DPD selama 4 periode.

Pekan lalu RUU PKS tiba tiba telah dikeluarkan dari Prolegnas oleh Badan Legislasi DPR.

“Saya minta agar supaya RUU PKS segera dikembalikan menjadi Undang Undang”, ujarnya yang langsung memperoleh dukungan dari Diah Pitaloka Ketua KPPRI yang baru yang selama ini dikenal sebagai anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan.

“Untuk meningkatkan peran perempuan kedepan, KPPRI harus membangun komunikasi dengan KPP di DPRD dan ormas perempuan didaerah. Kalau perempuan mau semua jabatan yang dipilh lewat pemilu atau pilkada. Perempuan akan memperoleh dukungan dan terpilih dalam pilkada, tegas Hemas.

Pada pagi harinya ormas internasional Lions Club menggelar Hari Anak Nasional di MPR RI bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo dihadiri Sylviana Murni salah satu pengurus Lions Club Jakarta. (oce)

Bagikan: