Palembang, Indo Merdeka – PT PLN ( Persero ) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Rabu 23 Desember 2020 melaksanakan Peresmian Listrik Desa untuk Melayani 6 Desa di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Lahat dan Kabupaten OKU Selatan secara Virtual Zoom. Hadir dalam Acara tersebut Senior Manager Perencanaan, Senior Manager SDM & Umum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Asisten II Pemerintah Kabupaten Lahat, Manajer UP2K Listrik Desa Sumatera Selatan, Manajer UP3 Lahat, dan Paran Manajer ULP.

Dalam acara tersebut Manajer UPPK Lisdes Sumsel Ramdhani menyampaikan Jaringan listrik yang baru saja diresmikan adalah program Listrik Desa Tahun 2020 di Desa Mekar Jaya Kec Kikim Barat Kab Lahat, dan di Kabupaten OKU Selatan meliputi Desa Remanam Jaya kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Desa Sumber Mulia dan Ds Sumber Jaya kecamatan BPR Ranau Tengah, Ds Sugih Waras dan Ds Talang Merbau kecamatan Banding Agung.

Perkiraan potensi rumah tangga yang dapat menyambung listrik PLN sebanyak 1.367 _Kepala Keluarga_ (KK). Pembangunan jaringan listrik desa ini antara lain pembangunan jaringan tegangan 20 _Kilo Volt_(KV) sepanjang 41,898 _kilo meter sirkuit_ (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 33,877 kms dan Gardu 50 kilo _Volt Ampere_ (kVA) sebanyak 15 Unit. Dengan diresmikannya Jaringan di Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Lahat ini maka rasio desa berlistrik naik menjadi 96,1 % di Kabupaten OKU Selatan serta 100 % di Kabupaten Lahat.

“Selain itu juga selama pelaksanaan pembangunan ada beberapa kendala yang mesti kami hadapi, seperti kondisi lapangan di Desa-desa tersebut memiliki tantangan dan medan yang cukup berat. Belum lagi tantangan pada saat pengiriman material cukup tersendat akibat di beberapa daerah yang memiliki kondisi geografis berupa perbukitan serta akses jalan yang sulit dilalui dikarenakan faktor cuaca yang sering hujan, seperti terlihat pada Video Tayangan”, Jelasnya

Selanjutnya Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum & Politik bapak H. Ansori Abadi, Msi yang mewakili Bupati Kabupaten OKU Selatan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarya kepada jajaran PLN yang memberikan pelayanan Terbaik.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten OKU Selatan kami bersyukur atas selesainya pembangunan listrik di 5 desa kabupaten Oku Selatan, dan kami berharap PLN makin setia dalam menerangi negeri khusus nya di kabupaten Oku Selatan, selain itu juga kami berpesan agar PLN terus dapat meningkatkan Pelayanan, mutu dan kualitas yang lebih baik lagi. Kami juga mendo’akan agar pada Insan PLN tetap diberi kesehatan dalam setiap menjalankan tugas Mulia ini”, Ungkapnya

Ucapan Terima kasih juga disampaikan Asisten II Ibu Sri Muliati, SH.MM yang mewakili Bupati Kabupaten Lahat beliau menyampaikan Terima kasih kepada PLN atas kerja kerasnya dalam membangun desa yang belum teraliri listrik. Alhamdulillah juga puji syukur dengan telah diresmikannya Jaringan Listrik didesa kabupaten Lahat Maka Rasio elektrifikasi dikabupaten Lahat menjadi 100 %. Pemerintah Kabupaten Lahat siap mendukung dan akan terus mendorong percepatan pembangunan listrik, dengan adanya listrik produktifitas dan kualitas kehidupan pun menjadi meningkat sehingga mendorong kemajuan Ekonomi dan peningkatan SDM yang berkualitas.

Sebelumnya Warga desa di Kabupaten OKU Selatan dan di Kabupaten Lahat menyambut dengan gembira adanya jaringan listrik desa di daerahnya. Kebahagiaan tersebut dirasakan begitu listrik PLN yang sudah didambakan bertahun-tahun saat ini bisa menerangi rumah dan kampung halamannya.

Menurut warga setempat sebelum jaringan listrik PLN masuk, warga setempat menggunakan kincir air sebagai pembangkit listrik skala mikro, itupun tentunya memiliki berbagai kendala mulai dari segi biaya pembangunan yang cukup mahal minimal 10 juta per rumah tangga, belum termasuk biaya perawatan, kendala lain rusaknya kincir pada saat terjadi banjir bandang dan saat debit air kecil menyebabkan drop tegangan sehingga warga setempat hanya bisa menggunakan listrik untuk keperluan penerangan itupun tidak maksimal.

Sementara itu Terpisah General Manager PT. PLN (Persero) UIW S2JB, Daryono menyampaikan ucapan Terima kasih atas Dukungan dari Pemerintah Daerah Setempat Khususnya Kab Lahat dan Kab OKU Selatan sehingga Listrik di 6 Desa tersebut bisa diresmikan dan dioperasikan.

“Terima kasih kepada Pemerintah daerah Kab Lahat dan Pemerintah daerah Kab OKU Selatan atas dukungannya, semoga ini menjadi Kado terbaik di penghujung Tahun 2020 untuk warga di 6 Desa tersebut serta dapat menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bagi warga. Untuk insan PLN tetaplah terus berkarya walaupun disituasi pandemi ini, tetap patuhi protokol kesehatan dengan Menjalankan 3M dan tetap semangat untuk menjadikan PLN Terbaik”, tutupnya(Rill/Srie Gumay)

Bagikan: