Donggala, Indo Merdeka – Terkait penanganan dan pengelolaan Sampah di Donggala, Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLH) Kabupaten Donggala telah menempatkan Arm roll (bak truck) ditiap sudut Kota Donggala, guna menanggulangi sampah warga guna membantu petugas DLH dilapangan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) DLH Donggala, Hermanto S.Ag M.Si saat dikonfirmasi sejumlah wartawan diruang kerjanya, Rabu (3/02/2021) siang.

“Guna mengantisipasi warga buang sampah sembarangan, kita telah menempatkan Arm Roll disejumlah titik-titik sudut  Donggala dan disamping Triseda beroperasi kemudian nanti akan dijemput Truck Armada dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA),” ujarnya.

Dijelaskanya, untuk sebanyak 9 unit total Triseda dibagi ke setiap kelurahan, yang kemudian  beroperasi untuk mengangkut sisa sampah rumah tangga di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) kemudian diangkut oleh Armada Truck kemudian akan dibuang langsung dilokasi TPA.

Terkait soal penambahan Armada Truck Sampah di tahun 2021, dia mengatakan untuk penganggaran dari APBD tidak ada, tetapi bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), untuk DLH Donggala mendapat bantuan sebanyak 4 unit Armada Truck ditambah Alat Berat berupa Bulldozer yang beroperasi di TPA guna mengeruk tumpukan sampah.

“Jadi DLH mengajukan proposal bantuan ke Kementerian, jadi Alhamdulilah tahun ini kita dapat ketambahan 4 unit Dam Truck Pengangkutan Sampah plus Bulldozer yang terealisasi dalam waktu dekat ini,” terangnya lagi.

Diakhir wawancara, dirinya berharap dan bersyukur bahwa DLH Kabupaten Donggala dalam waktu dekat akan mendapat bantuan sekaligus anggaran (Budget) dari NGO UNDP yang diperuntukan TPA di Kelurahan Kabonga Besar.

“Kedepan kita berharap Kabupaten Donggala bisa kembali meraih Piala Adipura, sebab kita berpotensi masuk kategori  akan bersaing dengan Kabupaten lainnya, diantaranya Luwuk dan Buol,” tutupnya (Ibrahim)

Bagikan: