Indralaya, Indo Merdeka – Bertempat di Hotel Beston Palembang, Jum’at dan Sabtu 25&26 Juni 2021 berlangsung sosialisasi peraturan per-undang-undangan kebijakan kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir.

Kepala Disdukcapil Ogan Ilir, Akhmad Lutfi, S.Sos, M.Si dalam laporan pada pembukaan Louncing Aplikasi pelayanan Online Aku Mandiri (Aku bisa cetak dokumen sendiri) mengatakan, guna mendekatkan Akses Pelayanan Dokumen Kependudukan kepada masyarakat, Pemkab Ogan Ilir melalui Disdukcapil akan membangun Kios Pelayanan Online di Desa-desa.  Sebagai wujud Peraturan Perundang-undangan Kebijakan Kependudukan, dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Lutfi, hingga saat ini telah ada beberapa desa yang menjadi percontohan tersedianya Kios Pelayanan Online,yaitu desa Palu Kecamatan Pemulutan, desa Sekonjing, Tanjung Agas, Talang Balai Baru II, Talang Balai Lama dan desa Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung raja.

Tambahnya, bahwa di bulan Juli 2021 nanti akan juga dilaksanakan Bimtek Operator Desa dan Bidan Desa di masing2 Kecamatan untuk operasional Kios Pelanyanan Online di Desa.

Lanjutnya, sosialisasi ini berlangsung selama dua hari diikuti oleh para Kepala Desa di 16 Kecamatan Ogan Ilir, dibagi dalam dua angkatan mengingat karena masih dalam suasana pandemi Covid 19.

Sementara itu wakil Bupati Ogan Ilir, H Ardani,SH,MH saat membuka kegiatan acara Louncing Aku Mandiri Disdukcapil Ogan Ilir mengatakan, memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Ogan Ilir yang telah berinovasi dalam memberikan pelayan kepada masyarakat terkait kemudahan dengan program online Aku Mandiri. Pelayanan online Aku Mandiri baru untuk pertama di Disdulcapil Ogan Ilir.

Oleh karenanya Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, melalui Wabub H Ardani berpesan kepada semua peserta sosialisasi program pelayanan online Aku Mandiri agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga pelayanan betul-betul maksimal dan bermanfaat besar bagi masyarakat.

Terpisah beberapa warga Ogan Ilir, menyambut positif program pelayanan kependudukan online Aku Mandiri Disdukcapil Ogan Ilir.

Dengan program ini tentunya masyarakat didesa terpencil sekalipun selama adanya jaringan internet akan dapat mengakses dan membuat administrasi kependudukan secara tepat, cepat dan praktis.

Pengamatan di lapangan, ada hal yang sangat menarik dalam pelaksanaan sosialisasi program pelayanan online Aku Mandiri Disdukcapil Ogan Ilir, kali ini dilaksanakan disatu tempat mewah yaitu di Hotel bintang empat yang ada di Palembang. Sehingga dapat memanjakan peserta bahwa kini sudah saatnya tidak boleh tertinggal dalam era kemajuan teknologi canggih. (Gusti)

Bagikan: