Jakarta, Indo Merdeka – Legenda UFC B.J. Penn menyebut Khabib Nurmagomedov tak percaya diri naik kelas dan menghadapi lawan-lawan yang punya bobot lebih berat dibandingkan dirinya.

Khabib mengklaim dirinya merupakan petarung terhebat di kelas ringan dan menyebut B.J. Penn layak duduk di posisi kedua. Penn lalu memberikan tanggapan atas hal tersebut.

Penn menyoroti keengganan Khabib naik kelas dan bertahan di kelas ringan.

“Banyak orang bertanya kenapa Khabib tidak mau bertarung melawan Usman untuk sabuk kelas welter atau bersaing di kelas welter seperti yang sering saya lakukan. Menurut pendapat saya, itu karena dia tidak ahli dan tidak percaya diri dalam jiujitsu.”

“Saya percaya alasan Khabib tidak bertarung melawan Usman karena dia tidak tahu jiujitsu seperti yang saya lakukan dan dia tidak nyaman bertarung melawan seseorang yang lebih besar dan lebih kuat darinya,” ucap Penn dalam akun instagram miliknya.

Dalam kariernya, Penn bertarung di kelas ringan hingga naik kelas welter, menengah, dan light heavyweight. Penn mengakui bela diri jiujitsu turut membawanya bisa bertahan menghadapi lawan-lawan yang secara natural punya bobot lebih besar.

“Khabib berkata jiujitsu mudah dan dia adalah grappler terbaik. Namun dia tidak bertarung melawan lawan yang lebih besar di kelas yang lebih tinggi karena gaya tarungnya tidak siap untuk itu.”

“Itulah alasan jiujitsu diciptakan…untuk sosok pria bertubuh kecil agar bisa bertahan menghadapi lawan besar,” tutur Penn.

Khabib selama ini punya keunggulan bobot tubuh lebih besar di hari H pertarungan dibandingkan lawan-lawannya di kelas ringan. Bobot tubuh besar itu yang membuat Khabib dominan dalam ground fighting.

Hingga memutuskan pensiun, Khabib tak pernah menyatakan minat untuk naik ke kelas welter. Sementara itu Usman sendiri mengaku tak mau menghadapi Khabib karena ia adalah rekan dekat Khabib.

Namun Usman pernah menegaskan hal itu akan berbeda bila Khabib yang datang sendiri ke kelas welter dan menyatakan ingin sabuk yang digenggam oleh dirinya.

Sumber : CNN Indonesia

Bagikan: