Jakarta, Indo Merdeka – Mangga termasuk buah yang memiliki banyak jenis atau varietas. Beragam jenis mangga yang enak mulai dari mangga manalagi, mangga golek, mangga alpukat, hingga mangga madu dapat dipilih sesuai selera.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2020 lalu menemukan terdapat 22 jenis mangga di Indonesia.

Dari banyak varietas ini, mana jenis mangga yang enak dan paling banyak disukai?

Berikut jenis mangga yang enak.

1. Mangga gedong gincu

Berdasarkan penelitian pada 2016 di Bandung, mangga gedong gincu menempati peringkat pertama mangga yang paling disukai. Sebanyak 55 persen orang menyukai mangga gedong gincu.

Mangga gedong gincu disukai lantaran rasa manis dan asam yang khas dan tidak dimiliki mangga lain. Rasa yang nikmat membuat mangga gedong laris manis meski harganya terbilang mahal.

2. Mangga harum manis

Menyusul gedong gincu, mangga harum manis menempati peringkat kedua jenis mangga yang enak dan paling banyak disukai.

Mangga ini memiliki tekstur yang agak lunak dan berukuran sedang. Seperti namanya, mangga ini mengeluarkan aroma yang harum dan juga rasa yang manis.

3. Mangga cengkir

Mangga cengkir menempati peringkat ketiga jenis mangga yang banyak disukai. Mangga cengkir dikenal juga sebagai mangga Indramayu karena berasal dari daerah tersebut.

Mangga cengkir disukai karena memiliki tekstur yang agak keras dan rasa yang manis saat sudah masak dan tidak begitu masam ketika belum matang.

4. Mangga madu

Mangga madu juga termasuk jenis mangga yang enak. Seperti namanya, kata madu melekat karena rasa yang manis seperti madu. Selain itu, ada pula mangga madu anggur yang merupakan perpaduan rasa manis madu dan asam anggur.

5. Mangga alpukat

Mangga alpukat sempat viral beberapa waktu lalu. Seperti buah alpukat, daging mangga alpukat juga memiliki tekstur yang lunak dan mudah lepas dari bijinya. Daging buah yang lembut juga bisa disendok seperti makan alpukat.

Rasa yang manis dan kandungan air yang tinggi membuat mangga ini banyak disukai.

Itulah jenis mangga yang enak dan paling banyak disukai.

Sumber : CNN Indonesia

Bagikan: