Jakarta, Indo Merdeka – Kabar duka menyelimuti pencinta basket dunia setelah legenda NBA, Bill Russell meninggal dunia dalam usia 88 tahun pada Minggu (31/7) waktu setempat.

Dilansir dari Reuters, kabar Bill Russell meninggal dunia diketahui dari akun Twitter resmi miliknya. Namun penyebab dan lokasi meninggalnya mantan pemain Boston Celtics itu tidak diungkapkan.

“Bill Russell, pemenang paling produktif dalam sejarah olahraga Amerika, meninggal dengan tenang hari ini dalam usia 88 tahun, bersama istrinya, Jeannine, di sisinya,” demikian bunyi pernyataan di akun Twitter tersebut.

Bill Russell merupakan pemain yang paling banyak meraih gelar NBA sepanjang sejarah. Total 11 gelar diraihnya pada masa kejayaan Celtics.

Bill Russell juga lima kali terpilih sebagai Most Valueable Player (MVP) NBA dan 12 kali terpilih masuk tim All-Star. Selain berkecimpung di dunia basket, ia juga dikenal rajin menyuarakan keadilan sosial sepanjang hidupnya.

Kariernya yang gemilang membuat nomor punggung enam miliknya sudah dipensiunkan. Hal ini berarti nomor punggung milik Bill Russell tidak akan lagi dipakai oleh pemain lain.

Sepanjang kariernya Russell menorehkan rata-rata 15,1 poin, dan 22,5 rebound selama 13 musim dari 1956-1969. Nama Bill Russell pertama kali dimasukkan dalam Hall of Fame sebagai pemain tahun 1975 dan kemudian sebagai pelatih pada 2021. Dikutip dari CNN Indonesia.

Bagikan: