Asisten III Pemkab Lampura H. Sofyan.

Disiplin ASN Menjadi Tanggung Jawab Kasatker

Lampung Utara, Indo Merdeka – Pasca inspeksi mendadak( SIDAK ) yang dilakukan Wakil Bupati Lampung Utara (Wabup) Ardian Saputra membuat sebagian satker ketar ketir.

Pasalnya, Sidak dilakukan Wabup untuk mengetahui Kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait aktivitas ASN dan kehadiran ASN dimasa jam kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing- masing.

Dari hasil Sidak wabup di beberapa Satker didapati, ASN tak berada di ruang saat jam kerja.

Asisten III Pemkab Lampura H. Sofyan mengatakan, ASN merupakan tanggung jawab dari masing-masing Kepala Satuan Kerja (Kasatker) nya masing-masing.

” Jika ada ASN tidak masuk kerja tanpa keterangan, Kasatker harus memperingatkan secara lisan dan tertulis, namun jika masih juga membangkang, Kasatker disarankan untuk melaporkan hal tersebut kepada Pimpinan ASN (SEKDA), nanti pak Sekda yang akan mengintruksikan Inspektorat untuk menanganinya,” kata Sofyan, jum.at, 5/8/2022

Menurut Sofyan, Disiplin ASN sendiri sudah di deligasikan kepada Kasatkernya masing-masing. Karena Kasatker yang paling dekat dan tau persis kondisi di SKPD nya masing-masing apakah ada yang sering tidak masuk, atau sedang Dinas Luar(DL).

Semua harus dilakukan secara berjenjang, ketika ada Pegawainya yang tidak masuk Kasatker harus tau.

“ Dalam rapat-rapat Pak Sekkab H. Lekok sudah dijelaskan tanggung jawab kedisiplinan ASN ada di Kasatker masing-masing,” paparnya

Jika semua mau dipantau oleh Sekkab dan Asisten, lanjut Sofyan, semua sulit akan tercover. Karena pihaknya yakin yang mengetahui kondisi di Satkernya masing- masing yakni Kasatker-nya.

Untuk itu Pemkab meminta kepada seluruh Kasatker jika ada Pegawai di Instansinya yang tidak masuk tanpa keterangan untuk langsung mengambil tindakan. Tentu semua harus dilakukan secara berjenjang.

” Kita ingin semua bisa disiplin dan memahami tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Menjadi abdi negara ini kita di sumpah, jadi pahami Tupoksinya masing-masing, ” ucap Sofyan.

Diakuinya, selama beberapa bulan terkahir dirinya tak berkeliling melakukan Sidak, namun dari hasil Sidak yang dilakukan Wakil Bupati(Wabup) Ardian Saputra beberapa waktu lalu menemukan ada beberapa Satker yang sepi saat dilakukan Inspeksi Mendadak(Sidak).

Sejauh ini, beberapa perangkat daerah langsung menindaklanjuti seperti Dinas Komunikasi dan Informatika(Diskominfo) karena ada beberapa stafnya yang kedapatan Alfa, Dinas Luar dan sedang melangsungkan prajabatan.

“Alhamdulillah beberapa Satker sudah menindaklanjuti hasil Sidak yang dilakukan Pak Wabup Ardian. Saya minta pembenahan atau kedisiplinan ASN ini bisa ditingkatkan tidak menunggu karena habis dilakukan Sidak, namun dibenahi sejak saat ini. Kewajiban melaksanakan tugas di jam ngantor adalah kewajiban dan keharusan yang harus dijalankan setiap abdi negara,” tandasnya. (R)

About Dety Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan