Tragedi Kanjuruhan Disorot Dunia sampai Ukraina Bikin Rusia Keok

Jakarta, Indo Merdeka – Dunia internasional menyoroti tragedi nahas di Stadium Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 125 orang sampai pergerakan pasukan Ukraina yang semakin menekan tentara Rusia menjadi sorotan berita internasional selama akhir pekan kemarin.

Berikut kilas berita internasional Sabtu (1/10) dan Minggu (2/10).

Paus Fransiskus Doakan Korban Tewas dan Luka Tragedi Kanjuruhan

Paus Fransiskus turut mendoakan korban yang meninggal dan terluka akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema melawan Persebaya pada Sabtu (1/10).

Pemimpin Gereja Katolik sedunia tersebut memanjatkan doanya dari balik jendela yang menghadap ke St. Peter’s Square di Vatikan, Roma, pada Minggu (2/10).

“Saya berdoa untuk mereka yang kehilangan nyawa dan yang terluka akibat bentrokan yang pecah setelah pertandingan sepak bola di Malang, Indonesia,” ujar Paus Fransiskus, seperti dilansir Vatican News.

Ukraina Sapu Bersih Tentara Rusia di Kota Kunci Donetsk, Putin Keok?

Presiden Volodymyr Zelensky mendeklarasikan militer Ukraina menyapu bersih tentara Rusia dari Lyman, kota kunci di Donetsk, kawasan yang baru dicaplok Kremlin. Rusia pun dianggap kian terdesak.

“Pukul 12.30, Lyman benar-benar bersih. Terima kasih, militer kami!” ujar Zelensky dalam video yang dirilis pada Minggu (2/10), seperti dikutip AFP.

Ukraina berhasil menyapu bersih tentara Rusia hanya berselang sehari setelah mereka memasuki kota di utara Donetsk tersebut.

Aktivis HAM: Mohammed bin Salman Jadi Perdana Menteri Biar Kebal Hukum

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS) diduga bisa mendapat kekebalan hukum setelah menerima gelar perdana menteri. Gelar baru itu diumumkan pekan ini lewat dekrit kerajaan Arab Saudi.

Gelar itu diduga bisa memperkuat posisi MbS secara signifikan di mata Internasional. Mohammed sendiri telah memegang kekuasaan yang sangat besar di kerajaan di tengah kondisi kesehatan Raja Salman yang menurun.

Apalagi penunjukan sebagai PM juga dilakukan menjelang tenggat waktu pertimbangkan kekebalan hukum terkait sejumlah tuntutan yang terjadi di pengadilan Amerika Serikat (AS). Tenggat itu harus diputuskan oleh Presiden AS, Joe Biden.

Ukraina Resmi Daftar NATO usai Rusia Caplok Empat Wilayah

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan negaranya resmi mendaftar jadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO),dengan prosedur yang dipercepat.

Zelensky menandatangani proposal Ukraina bersama dengan Ketua Parlemen Ruslan Stefanchuk dan Perdana Menteri Denys Shmyhal. Seluruh prosesi itu ia lakukan pada Jumat (30/9) waktu setempat.

“Di sini, di Ukraina, nilai-nilai komunitas Euro-Atlantik kami telah memperoleh energi vital yang nyata. Kekuatan bangsa yang memperjuangkan kebebasan, dan kekuatan bangsa-bangsa yang membantu dalam perjuangan ini,” kata Zelensky dilansir dari CNN, Sabtu (1/10).

About Dety Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan