AHY Disebut Bakal Jadi Cawapres Rebutan Partai Lain

Jakarta, Indo Merdeka – Hasil survei The Republic Institute menunjukkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal diperebutkan sebagai calon wakil presiden (Cawapres) oleh partai lain di Pilpres 2024.

Pasalnya, elektabilitas AHY sebagai cawapres menempati urutan kedua sebanyak 11,5 persen. Sementara pada posisi pertama diduduki oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 12,4 persen.

Peneliti utama The Republic Institute Sufyanto mengungkapkan ada pergeseran tren soal posisi cawapres. Saat ini, kata dia, posisi cawapres punya kontribusi besar. Hal itu yang akan membuat partai lain menengok AHY untuk dicalonkan sebagai Cawapres.

“Dulu wakil itu tidak terlalu memberikan kontribusi, tapi kalau saya lihat hari ini mas AHY bakal memberikan kontribusi banyak, sehingga mas AHY bakal jadi rebutan kalau melihat data seperti ini,” kata Sufyanto di Kemang, Jakarta pada Selasa (4/10).

Berdasarkan surveinya yang dilakukan di Pulau Jawa, suara terbanyak yang bakal memilih AHY sebagai cawapres ditemukan di Banten dengan persentase 22,3 persen. Lalu, di Yogyakarta sebanyak 16,4 persen dan Jawa Tengah 11,7 persen.

Sementara itu, di DKI Jakarta, AHY hanya mendapat 6,9 persen. Di Jawa Barat sebanyak 5,5 persen.

“Kalau dilihat seperti ini maka yang bisa support suara presiden itu ya ada di Mas AHY sebagai Ketum Demokrat,” ujarnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 28 Agustus – 12 September 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Multistage Random Sampling.

Sampel sebanyak 1.200 Responden. Kemudian, margin of error sebanyak 2,8 persen. Adapun kriteria inklusi responden adalah personal yang memiliki hak pilih pada Pemilu tahun 2019.

Sementara itu, hasil survei Charta Politica menyatakan Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Elektabilitas Sandiaga mencapai 27,6 persen, diikuti Ridwan Kamil 16,5 persen. Dalam survei Charta, elektabilitas AHY hanya 8,8 persen.

Survei Charta Politica digelar 25 Mei-2 Juni 2022. Melibatkan 1.200 responden.

Sumber:CNN Indonesia.

About Dety Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan