Indo Merdeka, Game-game populer yang beredar kini ikut menuntut spesifikasi PC yang semakin tinggi. Para pemain game pasti tahu bahwa PC dengan kemampuan yang mumpuni adalah salah satu syarat mutlak agar mereka dapat bermain dengan nyaman. Tanpa perangkat dengan spesifikasi yang memadai, pengalaman bermain game pun tidak akan maksimal.

Biasanya masing-masing game komputer memiliki persyaratan minimum atas sistem yang digunakan untuk menunjang kelancaran bermain game. Oleh karena itu, mempertimbangkan dengan baik spesifikasi PC gaming yang akan digunakan cukup penting dilakukan.

Inilah Pertimbangan Spesifikasi dalam Merakit PC Gaming

Semakin tinggi prosesor semakin baik

Prosesor sebagai otak dari komputer adalah komponen penting pertama yang perlu dilihat saat akan merakit PC gaming. Fungsi prosesor, selain sebagai pengatur dan pengontrol komponen-komponen yang ada di sebuah komputer juga berperan untuk memproses data.

Game dengan segala kompleksitasnya, terlebih lagi game-game berat, membutuhkan prosesor yang canggih dan powerful untuk mendukung kelancaran bermain. Untuk itu menggunakan prosesor seri paling atas tentu akan sangat berdampak pada performa komputer saat bermain game. Beberapa rekomendasi prosesor yang bisa digunakan adalah intel Core i7 dan AMD Ryzen generasi 5.

GPU terkini dan VGA Card dengan kapasitas yang cukup

GPU atau Graphic Processing Unit bisa dikatakan sebagai otak untuk memproses grafis untuk ditampilkan ke layar pada komputer. Sedang VGA Card atau kartu grafis adalah tempat di mana GPU memproses semua grafis yang akan muncul.

GPU seri terbaru keluaran AMD atau NVIDIA dapat dijadikan referensi saat merakit PC gaming. Selain itu, untuk dapat menampilkan grafis game terkini, dibutuhkan VGA card minimal 1 GB agar game dapat ditampilkan dengan baik.

Kapasitas Memori atau RAM

Umumnya semakin besar kapasitas RAM (Random Access Memory) yang ada pada sebuah PC gaming akan membuat kinerja PC tersebut juga semakin baik. Dari beberapa sumber, kapasitas RAM lebih dari 12 GB menjadi salah satu patokan yang sering digunakan saat merakit PC gaming. Bahkan ada beberapa game yang membutuhkan RAM minimal 16 GB agar dapat lancar diproses atau dimainkan.

Penyimpanan dengan tipe SSD

Storage atau penyimpanan dengan tipe SSD (Solid State Drive) sangat disarankan untuk digunakan pada PC gaming. Dengan SSD, kinerja PC gaming diharapkan akan lebih optimal sehingga pengalaman bermain game pun menjadi lebih baik. Begitu juga dengan kapasitas penyimpanan dari SSD itu sendiri. Kapasitas yang besar tentu akan membuat Anda merasa lebih tenang saat menginstal maupun bermain game yang berat.

Layar atau Monitor dengan frame rate tinggi

Kebutuhan layar atau monitor pada PC gaming akan berbeda dengan kebutuhan layar pada PC biasa. Biasanya PC gaming membutuhkan layar dengan frame rate tinggi. Ini dikarenakan kemampuan monitor untuk memperbarui gambar setiap detiknya juga kapabilitas untuk mengubah warna yang ditampilkan adalah hal yang esensial bagi pemain game.

PC Gaming (Sumber: Ogeday Celik – Getty Images)

Selain beberapa komponen di atas, pertimbangan spesifikasi komponen penunjang lainnya seperti sistem pendingin, keyboard, mouse, hingga sistem audio juga tak kalah penting. Semua komponen tersebut saling mendukung satu sama lain untuk dapat menghasilkan PC yang bagus atau sesuai untuk bermain game.

Aneka macam barang kebutuhan gaming di atas bisa Anda dapatkan melalui MSI Official Store yang ada di Blibli. Di sini Anda bisa menemukan beragam pilihan komponen atau perangkat yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gaming Anda.

Sebagai marketplace andalan yang terpercaya, Blibli senantiasa menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk berburu segala macam keperluan Anda. Sistem pembayaran yang bervariasi dan terpercaya, proses yang mudah, hingga aneka promo yang bertebaran akan membuat Anda nyaman dan tenang berbelanja di sini. (YF/ril)

Bagikan: