Muara Enim, Indo Merdeka – Rasa gembira bercampur haru terpancar terlihat jelas dari raut wajah Mashudi (60) dan sekeluarga ketika melihat rumahnya yang baru dalam waktu dekat akan rampung berkat adanya kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 tahun 2024 di Kodim 0404 Muara Enim.

Rumah Bapak Mashudi Sebelum di Bangun oleh Kegiatan TMMD ke-120 Kodim 0404 Muara Enim

Mashudi kesehariannya yang dikenal oleh masyarakat di Desa Sido Mulyo, sebagai pekerja buruh serabutan tersebut tak menyangka, seakan Ia bermimpi dirinya sekeluarga akan memiliki rumah dalam waktu dekat berdindingkan beton dan berlantaikan keramik serta beratapkan rangka rumah baja yang kokoh.

“Alhamdulillah, seakan kami bermimpi pak, kami sekeluarga memiliki rumah sebagus ini, mungkin ini berkat doa kami yang diijabah oleh Allah SWT setiap sujud sholat kami dan dikabulkan melalui Bapak-bapak  TNI,” ucap Mashudi dengan mata berkaca-kaca. Minggu (19/5/2042).

Rumah Mashudi Sebelum di Beda

Sebelumnya, Mashudi menceritakan, kondisi rumah sebelumnya hanyalah rumah gubuk berdindingkan papan bekas dan berlantaikan tanah serta beratapkan genteng bekas milik pemberian tetangga.

Dan kemudian, Ia sekeluarga sudah terbiasa kerap kebasahan akibatkan disebabkan adanya hujan yang turun dari atap rumahnya yang sering bocor, serta dirinya kerap terjaga dari tidurnya guba mewanti-wanti untuk membangunkan anak istri agar tidak kebasahan apabila hujan yang turun.

Kemudian, untuk aktifitas Mandi Cuci Kakus (MCK) ia sekeluarga menggunakan sumur atau di sungai dan sementara untuk buang hajat ia menggunakan ‘WC Cemplung maupun ke sungai.

“Tidak terhitung berapa kali atap rumah kami melayang, bahkan bocor akibat tiupan angin kencang apa bila hujan deras tiba, seraya kami bermimpi sekali bakalan memiki rumah sebagus ini, syakur Alhamdulillah dan terima kasih kepada bapa TNI, semoga kebaikan bapak TNI akan di balas oleh Allah SWT ,” ungkapnya dengan mata berkaca-kaca.

Jadi Sasaran TMMD ke-120 Kodim 0404 Muara Enim

Ipansyah Kepala Desa Sido Mulyo menjelaskan tidak pernah menduga, desanya akan diserbu oleh TNI pada kegiatan TMMD ke-120 Kodim 0404 Muara Enim.

Karena sebelumnya, Ia baru mengetahui informasi tersebu dari Babinsa Desa setempatnya, bahwa nya Desa Sido Mulyo akan menjadi target sasaran pada program TMMD ke-120 yang dilaksanakan oleh Kodim 0404 Muara Enim.

” Masyarakat Desa kami sangat antusias sekali pak, dalam menyambut kegiatan TMMD ini, bahkan rela bergetong royong agar progres TMMD cepat rampung, kami sangat bersyukur sekalu, berkat adanya kegiatan TMMD ini desa terpencil kami terbantu sekali,”ungkap Tokoh Masyarakat Sekaligus Kepala Desa Sido Mulyo.

Sementara itu, Mayjen TNI Joko Hadi Susilo SIP Aster Kasad dalam kunjungan nya di dampingi Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha SH MIP dan pejabat Pemkab Muara Enim berserta rombongan lainya meninjau secara langsung pelaksaan pengerjaan TMMD ke-120 Kodim 0404 Muara Enim mengapresiasi kegiatan TMMD di Kodim Muara Enim yang dinilai nya sangat baik dan berjalan cepat.

Kunjungan Aster Kasad bersam Dandim Muara Enim berbincang Kepada Keluarga Mashudi Sekeluarga

“Apa kabar, Bapak Ibu, suka tidak rumahnya baru nya yang di bangun oleh Bapak- Bapak TNI ,” sapa Mayjen TNI Joko Hadi Susilo SIP bersama rombongan.

Menurut Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, kegiatan TMMD yang di lakukan oleh jajaran nya Angkatan Darat tersebut merupakan program rutinan yang di lakukan oleh satuan nya TNI AD. Dan dimana, pada kegiatan program itu, dilakukan secara serentak bagi setiap Kodam, Korem dan Kodim Angkatan Darat se-Indonesia.

” Program TMMD ini merupakan unggulan agenda rutin tahunan bagi kami dari TNI AD, sebagai bentuk sinergitas bersama Pemerintah Daerah setempat, guna menyongsong pembangunan dan kesejateraan dalam pemerataan pembangunan di seluruh pelosok desa di Indonesia,” tukas nya.

Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha SH MIP menuturkan, pihak nya memilih kegiatan pada TMMD di Kecamatan Gunung Megang karena secara umum masyarakat di sana memiliki taraf hidup dan perekonomian rendah sehingga masih sangat memerlukan sentuhan dan perhatian pada pembangunan.

Rumah Mashudi Setelah di bangun oleh jajaran TNI Kodim 0404 Muara Enim

Dandim Nugraha, juga menjelaskan pada kegiatan TMMD yang di lakukan oleh jajaran Kodim 0404 Muara Enim yaitu sebanyak 7 item kegiatan fisik dan 10 item kegiatan non fisik pada kegiatan penyuluhan.

” Kalu untuk bedah rumah ada 5 unit rumah yang bangun total, dan semua nya di kerjakan oleh anggota kita TNI kemudian untuk bangunan rumah sendiri sekitar 80 persen akan rampung, kami menargetkan, pada kegiatan ini semua akan rampung sesuai jadwal sebelum di tutup kegiatan TMMD ke-120 ,” tegasnya.

Diberitakan sebelum nya, kegiatan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Kodim 0404 Muara Enim dimana Pemda Muara Enim sendiri telah menggelontorkan biaya 3 Millyar lebih dalam program TMMD yang di lakukan oleh Kodim 0404 Muara Enim sebagai bentuk Komitmen bersama guna menyisisir pemerataan pembangunan bagi masyarakat di Desa Kabupaten Muara Enim dinilai terpencil dan ter isolir.

Pj Bupati Muara Enim Dr H. Ahmad Rizali pada pembukaan TMMD Ke-120  dalam arahannya mengatakan TNI Manunggal Desa merupakan wujud pengabdian dan kolaborasi antara Kodim 0404 Muara Enim dengan lembaga-lembaga terkait dan Pemerintah di daerah untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan gotong-royong bersama masyarakat.

Pj Bupati Muara Enim Dr H Rizali MA dan Dandim 0404 Muara Enim mentandatangani nota kesepahaman MoU TMMD ke-120

Lebih lanjut dirinya mengatakan, keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga kesatuan NKRI. Oleh karenanya, atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim Pj Bupati mendukung penuh pelaksanaan TMMD ke-120 seraya menghimbau kepada seluruh stakeholder dan utamanya masyarakat untuk bahu-membahu mendukung penuh pelaksanaanya.

“Melalui program TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program lintas sektoral untuk Kabupaten Muara Enim yang semakin baik dan sejahtera,”tutur Pj Bupati.

 

Penulis : (Deri Zulian Jurnalis IndoMerdeka.com)

Peserta Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-120 Kodam ll Sriwijaya, Korem 044 Gapo, Kodim 0404 Muara Enim Tahun 2024.

Bagikan: