Muba – Imbas jembatan ambruk yang menyebabkan listrik padam memunculkan kekhawatiran bagi masyarakat Kecamatan Lalan pada momen jelang peringatan HUT RI ke-79. Namun, kekhawatiran tersebut telah sirna. Pasalnya, pada 17 Agustus 2024 pukul 01.09 dini hari, PLN telah berhasil pulihkan 100% gangguan kelistrikan yang terjadi. Sebanyak 20 desa di Kecamatan Lalan Kabupaten Muba dan 7 desa di Kecamatan Karang Agung Ilir Kabupaten Banyuasin yang terdampak gangguan kelistrikan kini sudah kembali menyala.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palembang, Widodo, mengatakan pihaknya berkomitmen mengupayakan penormalan sebelum momen 17 Agustus dirayakan.

“Alhamdulillah 100% recovery berhasil pada 17 Agustus 2024 pukul 01.09 WIB dini hari, sehingga di pagi harinya masyarakat dapat turut merayakan HUT RI dengan kehadiran listrik” kata Widodo.

Widodo menjelaskan, dalam proses recovery kelistrikan, pihaknya secara aktif bersinergi dengan pemda setempat dan stakeolder terkait guna mempercepat proses pemulihan. Pihaknya harus memastikan konstruksi jembatan dalam kondisi aman untuk pekerjaan penyambungan kabel Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM).

“Tantangannya medan lokasi dan kondisi jembatan agar proses jointing dan terminasi kabel SUTM dapat benar-benar dipastikan aman. Alhamdulillah kami dapat dukungan dari jajaran stakeholder sehingga proses recovery berjalan lancar” imbuh Widodo.

Tak kurang dari 45 personil lapangan terlibat dalam proses recovery tersebut. Para petugas PLN bersiaga untuk mengantisipasi jika terjadi kemungkinan yang menghambat proses recovery. Tak hanya itu, selama proses recovery PLN juga menyediakan 5 unit genset masing-masing berkapasitas 5 kW yang ditempatkan pada pusat keramaian.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu, Adhi Herlambang memberikan apresiasi atas kerja keras tim di lapangan. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi yang solid dalam situasi darurat seperti ini.

“Kami sangat mengapresiasi upaya luar biasa yang telah dilakukan oleh tim di lapangan. Mereka bekerja tanpa henti untuk memastikan listrik kembali menyala agar masyarakat dapat melaksanakan perayaan Hari Kemerdekaan dengan nyaman. Keberhasilan ini adalah bukti nyata bahwa kolaborasi antara PLN, pemerintah daerah, dan masyarakat sangat penting dalam mengatasi tantangan seperti ini,” ujar Adhi.

Dengan tercapainya pemulihan kelistrikan ini, PLN kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam menjaga stabilitas kelistrikan.

 

Bagikan: