Donggala,  Indo Merdeka – Dalam menyambut Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke -20 pada 21-27 Juni 2021 mendatang di Kabupaten Donggala, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sebagai penyelenggara akan mempertandingkan 6 Jenis Cabang Olahraga (Cabor-red).

Cabor yang akan dipertandingkan diantaranya, Bela diri Karate, Taekwondo, Tinju, Volley Pantai, serta Atletik yakni lomba lari, kesemuanya di ikuti sebanyak 20 Tim pelajar atau Siswa-Siswi dan aka menjadi Tuan rumah Donggala.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang (Kabid), Olahraga Dispora Siti Dzuleha, kepada para awak media, Senin (15/3/2021) Pagi, dan sebanyak puluhan atlet yang ikut bertanding haruslah berprestasi dibidangnya.

“Jadi teknisnya diserahkan ke Komite Olahraga Nasional (KONI). Kemudian meminta daftar nama Atlet dari mereka, yang nantinya ditunjuk mewakili POPDA mewakili nama Kabupaten Donggala,” ujar Kabid Olahraga.

Olehnya, kesemuanya persoalan teknis dan tanggung jawab Atlet serta Cabor dikembalikan ke KONI Kabupaten Donggala. Apalagi disetiap rapat koordinasi, pihak KONI selalu memenuhi undangan dari Dispora.

Lebih jauh dijelaskannya, agenda POBDA khusus di ikuti para pelajar murni asal daerah kalau KONI melayani Atlet Cabor umum alias Senior yang nantinya akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) pada Tahun 2022 di Kabupaten Buol.

“Jadi kategori atau klasifikasi khusus untuk POBDA adalah, harus pelajar aktif, memiliki Tahun kelahiran 1 Januari 2003, pelajar yang berdomisili di Donggala, atau Kabupaten/Kota, kemudian pelajar yang telah dibina di SMANOR boleh kembali ke daerahnya,” bebernya Nona sapaan akrabnya.

Harapanya, mengenai Atlet yang berprestasi pihak Dispora menunggu daftar nama dari tiap Cabor, karena di Bulan Desember 2020, pihaknya telah menyeleksi Tahap pertama,kemudian untuk tahap berikutnya sembari menunggu anggaran akan menyelenggarakan Tahap kedua di Tahun 2021. (IBM)

Bagikan: