Asahan – Bupati Asahan H. Surya, BSc menutup Festival Seni Qasidah Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 di Lapangan Bola Kaki Perkebunan IV Sei Dadap Kecamatan Sei Dadap, Senin (22/07/2024) malam.

Terlihat Wakil Bupati Asahan, Kapolres Asahan, Danalanal TBA, Dandim 0208/Asahan, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Lurah/Kepala Desa se-Kabupaten Asahan, Ketua TPP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan, Manager PTPN IV Perkebunan Sei Dadap dan tamu undangan lainnya hadir pada penutupan tersebut.

Pada laporannya Asisten Administrasi Umum Drs. Muhilli, MM melaporkan pelaksanaan Festival Seni Qasidah telah dilaksanakan sejak tanggal 18-22 Juli 2024. Lebih lanjut Muhilli melaporkan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan Hadiah berupa trophy dan uang tunai.

“Atas nama panitia penyelenggara kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Secara khusus ucapan terima kasih kepada pimpinan PTPN IV Regional Perkebunan Sei Dadap, Camat Sei Dadap beserta Kepala Desa dan seluruh masyarakat, sehingga kegiatan Festival Seni Qasidah dapat berjalan dan berakhir dengan baik”, ucapnya.

Sementara Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya mengatakan, pelaksanaan Festival Seni Qasidah merupakan sebuah wahana dalam rangka memelihara sekaligus sarana untuk mengimbang masuknya budaya asing. Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini, kegiatan religius dan sarat dengan kesenian Islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat. Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah, agar penyelenggaraan Festival Seni Qosidah ini memberi bekas dan pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depan.

Bupati juga berpesan, kepada para peserta yang meraih peringkat group nasyid terbaik dalam festival ini saya ucapkan selamat dan semoga prestasi ini bisa dipertahankan di masa mendatang. Dan perlu dipertegas lagi bahwa group nasyid terbaik I putra maupun putri, tidak mutlak menjadi duta Kabupaten Asahan untuk mengikuti Festival Seni Qasidah Tingkat Propinsi. Nantinya akan diadakan seleksi dan Pemusatan Latihan (TC) untuk mencari personil-personil yang lebih baik sehingga menghasilkan group nasyid atas nama Kabupaten Asahan.

“Bagi anggota group nasyid yang belum berhasil mengukir prestasinya dalam festival seni qasidah ini, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi dikesempatan-kesempatan yang akan datang. Saya mengingatkan dan berharap, baik kepada yang menang maupun yang belum bahwa semangat berfestival janganlah sampai menggeser niat ikhlas untuk melestarikan kesenian Islam”, ungkapnya.

Terakhir Bupati mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, saya mengucapkan terima kasih kepada, Camat Sei Dadap beserta masyarakat Kecamatan dan masyarakat Desa Sei Dadap khususnya yang berperan serta dalam mensukseskan festival nasyid ini. Semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan Festival Kabupaten Asahan Tahun 2024 ini menjadi amal saleh yang diridhoi Allah SWT.

Pemenang Festival Seni Qasidah Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024

Group Putra
Juara I Kecamatan Kota Kisaran Barat
Juara II Kecamatan Air Joman
Juara III Kecamatan Tanjung Balai
Juara Harapan I Kecamatan Air Batu
Juara Harapan II Kecamatan Rahuning
Juara Harapan III Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Group Putri
Juara I Kecamatan Sei Dadap
Juara II Kecamatan Kota Kisaran Barat
Juara III Kecamatan Air Joman
Juara Harapan I Kecamatan Sei Kepayang Barat
Juara Harapan II Kecamatan Aek Ledong
Juara Harapan III Kecamatan Kota Kisaran Timur

Instrumen Terbaik
Kategori Putra Kecamatan Kota Kisaran Barat
Kategori Putri Kecamatan Kota Kisaran Barat

Busana Terbaik
Katagori Putra Kecamatan Sei Dadap
Katagori Putri Kecamatan Kota Kisaran Timur

Bagikan: