Palembang – Pembukaan Kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Jenjang SMK Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024 dilaksanakan di Asrama Haji, Selasa (23/8/2024).

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Teddy Meilwansyah,S.STP,M.M, MPd melalui Kabid SMK Disdik Sumsel Mondyaboni, SE., S.Kom., M.Si., mengatakan, kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) jenjang SMK tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024 merupakan agenda rutin tahunan pada kegiatan pembinaan minat, bakat dan kreativitas siswa SMK di Provinsi Sumsel.

“Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini menjadi salah satu fokus Kemendikbudristek karena diyakini dapat mencapai visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila,” ujarnya.

Mondyaboni menuturkan, Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar yaitu pelajar dengan profil kompetensi. Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Untuk mendukung Kemendikbudristek dalam mencapai visi pendidikan Indonesia tersebut diperlukan salah satu bentuk pengembangan bibit bibit talenta yang bersumber dari peserta didik yang bukan saja memiliki minat dan bakat di bidang keterampilan, tetapi juga sekaligus sebagai ajang pengembangan karakter peserta didik SMK.

Oleh karena itu pemerintah provinsi Sumsel melalui bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel mengaktualisasikan hal tersebut melalui kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) jenjang SMK tingkat provinsi Sumsel tahun 2024 yang mengangkat tema “Pemahaman Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)”.

 

“Lomba ini bukan saja sebagai salah satu bentuk pengembangan bibit-bibit talenta peserta didik yang memiliki minat dan bakat, tetapi juga sebagai ajang pengembangan karakter peserta didik SMK itu sendiri,” katanya.

Diharapkan melalui kegiatan ini peserta memahami hakikat profil pelajar Pancasila serta mampu menjunjung profil pelajar Pancasila itu sendiri yang mana tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif. Tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia,sekaligus warga dunia menjadi pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Melalui kegiatan ini saya berharap peserta bukan hanya menunjukkan profil pelajar Pancasila pada ajang lomba ini akan tetapi setelah kegiatan LCC ini peserta didik dan guru pendamping maupun menjadi agen yang berbagi praktik baik akan pemahaman profil pelajar Pancasila bagi teman-teman di lingkungan sekolahnya dan rekan-rekan sejawat guru,” tandasnya.

Lomba Cerdas Cermat (LCC) jenjang SMK Provinsi Sumsel Tahun 2024 ini diikuti Perwakilan MKKS/K3S SMK Se Sumsel yakni 72 peserta dan pendamping. Peserta terdiri dari 18 tim. Bagi yang menang diberikan tropi, uang pembinaan dan piagam.

Bagikan: