Muara Enim – PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Muara Enim menggelar pelatihan jurnalistik dan fotografi bagi 100 pelajar pada Kamis 17 Oktober 2024 pagi pukul 09.00 Wib. Acara ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang teknik menulis berita, fotografi jurnalistik, serta kode etik dan regulasi dalam dunia pers.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber, Al Azhar, S.Sos.I (Ketua PWI Muara Enim), yang membahas teknik pembuatan berita, Mardiansyah (Pewarta Foto Palembang / wartawan Palembang TV), yang memberikan materi fotografi jurnalistik. Endang Saputra, S.Pd.I, yang menjelaskan kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Pers. Serta Azwar Anas, S.E, yang membimbing peserta dalam pembuatan portal berita media online.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Hubungan Masyarakat (Waka Humas) SMKN 1 Muara Enim, Jumherman, serta Wakil Kepala Kesiswaan Naiti Lukman, bersama sejumlah dewan guru.

Peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara, dengan banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber. Pelatihan semakin menarik dengan diselingi permainan dan sesi tanya-jawab interaktif.

Ketua PWI Muara Enim, Al Azhar, S.Sos I menerangkan bahwa pelatihan jurnalistik dan fotografi bagi pelajar ini merupakan program kerja yang sudah diagendakan oleh PWI Muara Enim. Pelatihan ini untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang jurnalistik bagi para pelajar. “Siapa tahu, nantinya adik-adik di sini yang berkarir di dunia wartawan. Setidaknya untuk mendapatkan ilmu tentang cara membuat berita, tentang kerja jurnalis dan fotograf,”ungkap Al Azhar.

Sambung Azahar, jurnalistik bukan hanya soal menulis, tetapi juga soal tanggung jawab. Di era informasi seperti saat ini, kemampuan menulis berita yang akurat dan jujur sangat penting agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan bermanfaat.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, adik-adik pelajar tidak hanya belajar teknik jurnalistik dan fotografi, tetapi juga memahami pentingnya kode etik dan profesionalisme dalam dunia pers,”* ungkap Al Azhar.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Kepala Humas SMKN 1 Muara Enim, Jumherman pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada PWI Kabupaten Muara Enim atas inisiatif yang luar biasa. “Pelatihan ini memberikan wawasan baru bagi para siswa kami tentang dunia jurnalistik, dan kami berharap ilmu yang didapatkan hari ini dapat mereka manfaatkan untuk berkarya secara positif, baik di lingkungan sekolah maupun dimasa mendatang,” kata Jumherman.
Kegiatan tersebut ditutup dengan lomba pembuatan berita dan lomba fotografi tentang kegiatan tersebut dan lingkungan sekolah. (Der)

Bagikan: