Palembang – Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Miracle of Photography and Videography (Mirror) UIN Raden Fatah Palembang untuk pertama kalinnya menggelar Latihan Keterampilan Dasar Organisasi (LKDO) dengan tema Peningkatan Paham Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa dalam dunia Digital Creator, di Ooma Cafe, Sabtu (20/5/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan, untuk meningkatkan pemahaman terkait dunia Digital Creator dan menumbuhkan jiwa yang inovatif di kalangan mahasiswa. Terkhususnya pemahaman terkait content creator.

Materi pertama, tentang Administrasi Organisasi disampaikan Nafisatul Aulia, menyampaikan bahwa Organisasi tentu tidak akan berjalan dengan baik administrasi berusaha untuk membantu, melayani, mengarahkan dan mengatur untuk mencapai tujuan yang lebih efektif dan efisien.

“Sebab tanpa administrasi yang baik, maka kegiatan tersebut akan terhambat atau berjalan lambat,”katanya.

Materi kedua, Manajemen Humas dan Media disampaikan oleh Jufrizal, MA selaku Sekretaris Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang, mengatakan bahwa organisasi itu perlu penyampaian pesan ke masyarakat melalui humas.

“Dan bagaimana bisa mencipatakan citra baik organisasi, ia juga dituntut untuk bisa mengedukasikan ke khalayak tentang kelebihan dan keunggulan sebuah instansi/lembaga yang berada didalam naungannya dan media sebagai alat komunikasi, dua ini tidak bisa dipisahkan,”ungkapanya.

Osama Dwi Saputra yang malang melintang dibidang Content Video akan menyampaikan Materi ketiga Manajemen Konten.

Jelasnya, bagaimana mengelola konten itu sendiri agar proses dan alur kerja yang terlibat dalam pengaturan, pengelompokkan, dan penataan sumber daya informasi sehingga mereka dapat disimpan, dipublikasikan, dan digunakan kembali dalam berbagai cara.

Materi keempat, Manajemen Organisasi dan Etika Organisasi disampaikan oleh Denny Marheriyasa, SE seorang organisatoris.

Denny menjelaskan, sebuah wadah organisasi perlu adanya pengelolaan, salah satunya kehadiran UKMK Mirror di UIN Radeh Fatah Palembang, agar mampu menjadi tempat kawahcandradimuka untuk belajar. Dan tumbuh dalam hal kreatifitas berbentuk digital, untuk itu sebagai organisasi dapat memahami tentang pentingnya manajemen organisasi dalam aktifitas setiap gerakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, meorganisir, mengkoordinir serta evaluasi, rangkaian tersebut dilakukan guna untuk mencapai tujuan organisasi.

“Dan memahami etika agar organisasi dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik,” tambahnnya.

Materi kelima, Imam Santoso, M.Pd selaku pembina UKMK Mirror. UKMK Mirror hadir dalam fokusnya dibidang Fotografi dan videografi agar mampu menjadi wadah mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya dibidang content, tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi digital terutama dibidang fotografi dan videografi menjadikan bidang ini mudah untuk dimasuki oleh semua orang.

Ada semacam tanggung jawab moral agar ukmk ini mampu mengambil peran dalam meningkatkan citra baik kampus dan serta dalam bidang-bidang yang lain semisal edukasi dan sosial.

“Keinginan ukmk ini sendiri sebagai dunia yang asik dan mudah diakses semua orang,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Pelaksana Hafish Syahbandi, Ketua Umum Muhammad Syarief Syafei, dan Pembina Imam Santoso, M.Pd.

Bagikan: