MUARA ENIM, Indo Merdeka – Dedikasi ke-iklasan luar biasa dalam pengabdian kepada masyarakat kembali di tunjukan oleh jajaran TNI AD pada kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 tahun 2024 di Kodim 0404 Muara Enim.

Berkat, ada nya program TMMD yang lembali dilakukan oleh Kodam ll Sriwijaya melalui Korem 044 Gapo kepada Kodim 0404 Muara Enim, di Desa Sido Mulyo Kecamatan Gunung Megang (Gumeg) Kabupaten Muara Enim, kini masyarakat di 3 tiga desa Kecamatan Gumeg tak khawatir dan kesulitan lagi dalam membawa hasil pertaniannya untuk di jual. Jumat, (17/5/2024).

Kondisi Jalan Sebelum di Bangun

Kepala Desa Sido Mulyo Ipansyah mengatakan, sebelumnya pihaknya tak menyangka di Desa nya akan menjadi sasaran pada kegiatan program TMMD Kodim 0404 Muara Enim ke-120.

“Mendengar Desa kami terpilih menjadi sasaran program kegiatan TMMD ke-120 Kodim Muara Enim ini, masyarakat begitu atusias sekali, karena bisa kita ketahui dalam program TMMD merupakan salah satu program primadona menjadi rebutan bagi masyarakat seluruh Desa, dimana dalam nya program TMMD terdapat nilai manfaat yang luar biasa di rasakan langsung oleh masyarakat,” tutur Ipansyah Kepala Desa Sido Mulyo kepada media Indomerdeka.com.

Lebih, lanjut Ipansyah menceritakan, kondisi Desa Sido Mulyo secara greografis merupakan salah satu Desa terpencil di Kabupaten Muara Enim, dengan jumlah penduduk yaitu sebanyak 300 Kepala Keluarga dan 1120 jiwa. Kemudian, mayoritas penduduk masyarakat di desa nya ialah berprofesi sebagai Petani.

Oleh karne itu, lanjutnya, akses jalan salah satu penunjang faktor penting dalam mendukung keberlangsungan kehidupan masyarakat di Desa Sido Mulyo.

Kemudian, Ipansyah mengulas, sebelum jalan alternative di bangun oleh jajaran Kodim 0404 Muara Enim pada kegiatan program TMMD masyarakat di desa nya kerap kebingungan dan kesulitan untuk membawa hasil pertaniannya perkebunan mengingat akses jalan yang di andalkan bagi masyarakat untuk dialui sangat tidaklah layak.

“Alhamdulillah, berkat jalan baru alternatif baru di bangun oleh jajaran Kodim Muara Enim ini, tentunya masyarakat sangat antusias dan berterima kasih sekali, karena bisa dipastikan jalan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dan, sebagai bentuk rasa syukur dukungan masyarakat desa kami, bahkan secara sukarela, rela bergantian bergotong-royong maupun memberikan sajian makanan kepada bapak-bapak TNI dalam mendukung pengerjaan program TMMD yang berlangsung,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Ipansyah mengungkapkan, sejatinya keinginan masyarakat Desa Sido Mulyo dalam memiliki jalan alternatif telah lama di inginkan. Dan kemudian bahkan telah di sampaikan kepada Pemerintah melalui mengusulkan baik Musrebang Desa maupun mengusulkan melalui Musrebang Kecamatan, namun hingga saat itu juga belum kunjung direalisasi.

“Kalau ingin di cover melalui ADD pasti tidak tercover, karena butuh biaya sangat besar sekali. Namun syukur Alhmadulillah berkat bapak-bapak TNI jalan yang kami idam-idamkan inginkan, akhirnya, kini dapat terwujud berkat bapak TNI. Dan kami berharap kedepan, jalan ini nanti dapat terus ditingkatkan sehingga dapat meningkat kan perekonomian di masyarakat di Desa Transmigrasi ini,”tuturnya.

Pada kesempatan sama, Jonardi (42) Masyarakat Desa Sido Mulyo masyarakat yang merasakan secara langsung berkat ada nya pembangunan jalan alternatif pada kegiatan TMMD ke-120 Kodim 0404 Muara Enim sangat berterima kasih dan kepada kepedulian jajaran TNI yang selalu peduli terhadap masyarakat Desa terpencil.

Aster Kasad dan Dandim Muara Enim bersama masyarakat tinjau progres pembangunan Jalan Alternatif.

Sebelumnya, Jonardi yang berprofesi sebagai petani sekaligus kuli sopir upahan jasa angkutan tersebut, selalu kerap di hantui rasa kebingungan apa bila diminta ada permintaan penyewa jasa angkutan nya untuk mengambil hasil pertanian di Desa nya tersebut. Karena, lanjutnya sudah dipastikan, akan banyak hambatan untuk di lalui terhadap akses jalan sebelumnya.

“Apa boleh buat, kalau tidak nekat, ya anak Istri mau makan apa, mau tak mau kadang kita cari jalan tikus sendiri atau jalan kebun orang, dan kerusakan pada kendaraan sudah jadi resiko, sudah biasa, Syukur Alhamdulillah sekali, berkat di bangun jalan ini, selaian perjalanan nanti dapat lebih nyaman juga dapat leboh singkat. Dan kami berharap semoga mudah-mudahan kedepan jalan ini, juga cepat segera di aspal agar dapat bertahan lebih baik sebagai akses jalan bagi aktifitas perekonomian di masyarakat Desa kami,” imbuhnya.

*Jadi Sasaran TMMD ke-120 Kodim 0404 Muara Enim*

Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha SH MIP menuturkan, pihaknya memilih kegiatan pada TMMD di Kecamatan Gunung Megang karena secara umum masyarakat di sana memiliki taraf hidup dan perekonomian rendah sehingga masih sangat memerlukan sentuhan dan perhatian pada pembangunan.

“Mayoritas penduduk di Kecamatan Gunung Megang merupakan masyarakat petani karet dan sawit, oleh karenanya akses jalan merupakan salah satu sarana vital penting bagi petani maupun masyarakat di sana. Dan, syukur Alhamdulillah pada progres pembukaan jalan, sepanjang 6 Kilometer pada kegiatan TMMD Inshaa Allah dua hari kedepan telah rampung di kerjakan,” tutur Dandim Nugraha.

Jelasnya, pada kegiatan TMMD yang di lakukan oleh jajaran nya sebanyak 7 item kegiatan fisik dan 10 item kegiatan non fisik kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh jajaran nya pada kegiatan TMMD ke-120 di Kodim Muaraenim, kemudian di targetkan, pada kegiatan tersebut di targetkan semua akan rampung sesuai jadwal waktu yang telah di tentukan.

Menurut Dandim Nugraha, pada pengerjaan kegiatan fisik pembangunan jalan altenatif yang di lalukan oleh jajarannya sesuai rekomendasi permintaan masyarakat sebagai menujang kelancaran perekonomian di Desa tersebut. Dan kemudian, pada jalan tersebut nanti nya akan berfungsi sebagai akses jalan bagi alternatif bagi masyarakat maupun petani menghubungkan di 3 Desa Kecamatan Gunung Megang yaitu Desa Sidomulyo, Desa Sumaja Makmur dan Desa Fajar Indah.

“Masyarakat sangat antusiasi sekali dengan dibangunnya jalan alternatif ini, karena jalan yang kita bangun akan dapat memangkas perjalanan waktu setengah jam lebih singkat menuju jalan poros besar, yang biasanya perjalanan bisa memakan waktu hingga 1 jam,” jelas Nugraha.

” Kami berharap kepada masyarakat dalam kegiatan TMMD yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, di mana hal ini sebagai bentuk pengabdian dan bakti kami sebagai orang prajurit TNI kepada masyarakat selalu hadir memberikan solusi tengah-tengah kesulitan di masyarakat ,” tandasnya.

Sementera itu, Mayjen TNI Joko Hadi Susilo SIP Aster Kasad dalam kunjungan nya pada meninjau kegiatan TMMD ke-120 di kodim 0404 Muara Enim sangat mengapresiasi pada progres kegiatan TMMD di Kodim 0404 Muara Enim.

Aster Kasad Bersama Dandim Tinjau Kegiatan Fisik TMMD Manunggal Air Bersih

“Progres TMMD Kodim Muaraenim saya lihat sudah berjalan sangat baik dan cepat, kemudian pesan saya sebagai Aster Kasad kepada masyarakat mari kita rawat dan kita jaga bersama fasilitas yang telah di bangun ini,” pesan Jendaral Bintang Dua di pundaknya tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah menggelontorkan biaya 3 Millyar lebih dalam program TMMD percayakan TNI melalui Kodim 0404 Muara Enim dalam kegiatan TMMD ke-120 bentuk Komitmen bersama guna menyisisir pemerataan pembangunan bagi masyarakat di Desa Kabupaten Muara Enim dinilai terisolir.

Pj Bupati Muara Enim Dr H. Ahmad Rizali pada pembukaan TMMD Ke-120 bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Penjabat (Pj) Bupati H Ahmad Rizali secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 dengan ditandai penandatangan naskah, penyematan tanda peserta serta penyerahan alat TMMD, Rabu pagi (08/05) di Lapangan Desa Sidomulyo, Kecamatan Gunung Megang.

Pj Bupati Muara Enim Dr H. Ahmad Rizali (Kanan) dan Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha SH MIP (Kiri) saat membuka TMMD Ke-120 tahun 2024 di Kodim 0404 Muara Enim.

Dalam arahannya, Pj Bupati Rizali mengatakan TNI Manunggal Desa ini merupakan wujud pengabdian dan kolaborasi antara Kodim 0404 Muara Enim dengan lembaga-lembaga terkait dan Pemerintah di daerah untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan gotong-royong bersama masyarakat.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga kesatuan NKRI. Oleh karenanya, atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim Pj Bupati mendukung penuh pelaksanaan TMMD ke-120 seraya menghimbau kepada seluruh stakeholder dan utamanya masyarakat untuk bahu-membahu mendukung penuh pelaksanaanya.

“Melalui program TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program lintas sektoral untuk Kabupaten Muara Enim yang semakin baik dan sejahtera,”tutur Pj Bupati.

Penulis : (Deri Zulian Jurnalis IndoMerdeka.com )

Peserta Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-120 Kodam ll Sriwijaya, Korem 044 Gapo, Kodim 0404 Muara Enim Tahun 2024.

Bagikan: