Jakarta – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang ESG Nusantara Plaudit 2024 dengan peringkat Gold, sebuah pengakuan atas komitmen PLN dalam menjaga keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala BKPM, Bapak Yuliot Tanjung, pada acara yang digelar di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, 18 Oktober 2024.

Peringkat ESG (Environmental, Social, Governance) yang diraih oleh PLN UID S2JB merupakan hasil dari keberhasilan perusahaan dalam menerapkan roadmap ESG yang telah dijalankan melalui berbagai inisiatif keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. ESG merupakan standar global yang mengukur kinerja perusahaan dalam menangani risiko lingkungan dan sosial serta penerapan tata kelola bisnis yang bertanggung jawab.

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menyampaikan kebanggaannya atas penghargaan yang didapat ini mengingat tidak seluruh perusahaan dapat memperoleh peringkat ESG ini.

“Penghargaan ini bukan hanya sekadar pengakuan, tetapi juga menjadi bukti kuat bahwa PLN UID S2JB berkomitmen penuh terhadap penerapan prinsip-prinsip ESG dalam setiap aspek operasional kami. Kami terus berinovasi dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan, serta menjalankan tata kelola yang transparan dan berintegritas,” ujarnya.

Penghargaan ESG Nusantara Plaudit 2024 ini merupakan bagian dari pencapaian berkelanjutan PLN UID S2JB sepanjang tahun 2024, dimulai dengan penghargaan Environmental di Indonesia Green Awards pada 17 Januari 2024, disusul penghargaan Social di CSR SME Asia Awards pada 1 April 2024, dan Nusantara CSR Awards pada 17 Juli 2024. Puncaknya, pengakuan dalam bidang Governance diraih melalui Asian Impact Awards pada 18-19 September 2024, menegaskan pencapaian PLN dalam aspek tata kelola bisnis yang bertanggung jawab.

Peringkat ESG yang diberikan dalam ajang ESG Nusantara Plaudit 2024 ini juga menjadi langkah penting dalam merumuskan ESG Nusantara sebagai platform untuk mengawal praktik CSR dan keberlanjutan di Indonesia. ESG Nusantara diharapkan dapat mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk terus meningkatkan praktik tanggung jawab sosial, lingkungan, dan tata kelola yang berkelanjutan.

“Dengan penghargaan ini, kami semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kontribusi kami dalam menjaga keseimbangan antara kepentingan bisnis, lingkungan, dan masyarakat. PLN UID S2JB akan terus berkomitmen pada pengelolaan energi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab,” tambah Adhi Herlambang.

La Tofi, Chairman La Tofi School of Social Responsibility sekaligus Ketua Dewan Forensik ESG Nusantara menyampaikan bahwa ini merupakan penghargaan bagi para _social worker_ yang telah mengabdi kepada masyarakat melalui perusahaannya.

“Sungguh penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa setiap perusahaan memiliki langkah tersendiri dalam pengelolaan ESG. Namun dampak yang dihasilkan patut diacungi jempol seiring dengan program TJSL berkualitas yang dicanangkan oleh masing-masing perusahaan.” Ungkap La Tofi.

ESG Nusantara Plaudit akan diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan utama meningkatkan standar praktik keberlanjutan di Indonesia, membangun cerita perubahan di lingkungan dan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan bisnis yang bertanggung jawab di seluruh negeri. Tahun 2024 merupakan tahun pertama ajang ini digelar, dan PLN UID S2JB bangga menjadi bagian dari pencapaian bersejarah ini.

 

Bagikan: