Palembang, Indo Merdeka – Gugus tugas pencegahan dan penanggulangan coronavirus disease (COVID-19) Sumsel, menyatakan terdapat satu tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, dengan begitu total jumlah pasien positif saat ini mencapai 144 kasus.

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Sumsel, Achmad Rizwan, mengatakan satu tambahan pasien itu merupakan kasus nomor 144, yakni laki-laki berusia 25 tahun asal Palembang, dengan status kasus transmisi lokal.

“Dengan penambahan ini total positif COVID-19 di Sumsel berjumlah 144 kasus,” katanya, Rabu (29/4).

Selain itu, kata Achmad, juga terdapat satu tambahan pasien yang dinyatakan sembuh, yakni seorang perempuan dengan nomor kasus 09 asal Prabumulih. Meski sudah dinyatakan sembuh, yang bersangkutan tetap akan dalam pengawasan hingga 14 hari ke depan.

‘Maka itu total pasien yang sembuh saat ini berjumlah 22 orang. Lalu, ada empat pasien meninggal dunia,” katanya.

Achmad Rizwan menambahkan, terdapat 1.520 orang yang masih dalam pemantauan (ODP) dan 86 pasien dalam pengawasan (PDP) atau yang masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan COVID-19.

“Kemudian masih ada 477 sampel spesimen baik dari OTG, PDP, maupun ODP yang masih dalam proses pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang,” katanya.

Sementara itu, Achmad juga mengingatkan kembali kepada masyarakat agar patuh terhadap imbauan pemerintah dalam menerapkan physical distancing, menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, serta menghindari tempat-tempat keramaian.

“Sebab cara-cara ini merupakan upaya terbaik yang dapat dilakukan kita untuk mencegah penularan COVID-19,” tutupnya (RN)

Bagikan: