Banyuasin, Indo Merdeka – Pemerintah Banyuasin melalui Sekda Banyuasin, mengelar rapat Penyaluran program bantuan sosial pangan (Sembako) Bantuan Sosial tunai dan program keluarga harapan tahun anggaran 2021, di ruang rapat Sekda Pemkab Banyuasin, Bantuan Sosial pangan (sembako) Tahun 2021 Program sembako menyasar 49.622 KPM pada 21 Kecamatan yang bertujuan mengurangi beban pengeluaran makanan keluarga miskin. Indeks bantuan sebesar Rp. 200.000 disalurkan selama 12 bulan. Melalui program ini KPM dapat membelanjakan bantuan sosial e-warong. Item terdiri dari Karbohidrat, Protein hewani, protein nabati dan sumber vitamin dan mineral.

Alamsyah rianda Kadinsos Banyuasin, mengatakan, Permalasahan Permalasahan KKS , kks tidak terdistribusi KKS yang tidak terdistribusi namun masih aktif sebagai peenrima sembako kartu kks rusak/patah/terblokir. Kks Ganda, Bouble bantuan dengan dd/bb pergantian kks, dana tidak masuk dalam kks baru.

“Permasalahan E-warong/Agen penyaluran dilakukan oleh agen bank yang tidak ditunjuk sebagai penyalur program sembako. adanya e-warong/agen luar kabupaten Banyuasin yang melakukan transaksi dengan KPM banyuasin komoditi pangan yang diberikan diluar pedum, seperti: minyak goreng, gula, susu kental manis e warong tidak mampu menyediakan bahan sembako secara lengkap kerusakan mesin edc tentukan,” ucapnya

Lanjut dia, Bantuan Sosial Tunai 2021 Program BST diberikan kepada 9.073 KPM. Bantuan tunai diberikan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan dampak Covid-19. Indeks bantuan sebesar Rp. 300.000 disalurkan selama 4 bulan dan distribusi penyaluran melalui PT. Pos setiap bulannya.

“Permasalah Masih ada irisan kpm bansos tunai dengan kpm sembako/pkh. Data penerima bantuan sosial tunai selalui berkurang setiap tahap
penyaluran. Ditolak oleh kepala desa dengan alasan beririsan dengan BLT DD/BB, Informasi data alamat tidak lengkap, Akses transportasi yang terbatas dan kondisi geografis, Penerima yang datang tidak sama dengan daftar yang akan dilakukan penyaluran,” ujarnya.

Masih dikatakannya, Penerimaan Bantuan PKH tahap 1 tahun 2021 : 34.020 dan 4.722 untuk KPM calon penerima. Permasalah Ditolak oleh Kepala Desa/Lurah dengan alasan penerima 2 bantuan, yaitu BET BB/DD.

“Masih banyak keluarga miskin dalam DTKS yang belum menerima manfaat PKH. Masih ada KPM PKH yang belum menerima program BSP dan program lainnya. Kondisi geografis menyebabkan KPM sulit untuk mencairkan bantuan pada sarana ATM/Bank Himbara. Pendamping kesulitan menggraduasi KPM PKH yang sudah mampu non komponen, dikarenakan adanya pelaksana dari KPM,” imbuhnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Banyuasin, Senen Har, mengatakan bahwa rapat yang mereka gelar merupakan Evaluasi bantuan masyarakat tahun 2021.

“Bantuan ini merupakan lanjutan dari pusat pada bulan April 2020 dan Pada 12 April 2020 telah dikeluarkan maklumat dari Kapolri. Kita mengeluarkan totol 513 miliar untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Banyuasin dan kita kemudian mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 10 miliyar yang di saluran untuk bantuan pedagang, mahasiswa, pedagang asongan, peternak ikan dan sisanya kita salurkan ke RSUD untuk membeli ambulance untuk penanganan pasien Covid-19,” ucapnya.

Dirinya meminta kepada para camat yang ada di 21 Kecamatan untuk bersama-sama membantu petugas sosial dalam menyukseskan bantuan yang diberikan ke masyarakat Banyuasin ini.

“Melalui camat sebagai motor penggerak membantu petugas sosial, untuk bersama-sama melakukan validasi data di DTKS, untuk yang saldonya kosong harus cepat kita telusuri, jangan sampai ini berlarut-larut,” tegasnya.

Begitu juga dikatakan, Abdul Hasani, SE. Bank BRI Pangkalan BalaiSembako tahun 2020 menyalurkan 94,4% dan untuk 93.19% penyaluran PKH, Untuk masalah E-warong dapat di bicarakan di kantor bank BRI langsung dan Terdapat 198 Agen E-warong Kabupaten Banyuasin untuk penerimaan Bantuan.

“Mengenai saldo 0 kemungkinan bergelombang atau berkurang Belum di ketahui sebabnya dan dari pusat juga belum ada penjelasanUntuk ada agen E-warong yang melakukan kenakalan kami Meminta kepada Korwil untuk mendata dengan disertakan bukti-bukti apabila nanti terbukti akan kita lakukan pembinaan dan akan menutup agen tersebut,” tukasnya. (Sup)

Bagikan: