BANYUASIN, Indo Merdeka, — Camat Sashadiman Ralibi atas nama Bupati Banyuasin melantik dan mengambil sumpah janji Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Biyuku dan Desa Bengkuang Periode 2021– 2027 serta Penjabat (Pj) Kades Sedang, yang berlangsung di halaman Kantor Camat Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin,. Kamis (01/07).

Sesuai dengan Keputusan Bupati Banyuasin nomor 387/KPTS/DPMD/ 2021 tanhggal 29 April 2021 DPMD Banyuasin menunjuk Jaharob, SE sebagai Pj. Kades Sedang. Kemudian keputusan Bupati Banyuasin Nomor 524/ KPTS/DPMD/ 2021 tanggal 23 Juni 2021 mengesahkan Anggota BPD terpilih Desa Bengkuang dan Desa Biyuku.

Pj kades Sedang Jaharob, SE, yang dilantik menggantikan Pj. Kades Sedang Drs. Lukman Nurhakim yang telah memasuki masa pensiun. Sementara BPD Biyuku yang dilantik yakni Hosadi, Narita Sapitri, Zaidil, Murdilasana S.Pd, Pandi Hardiansyah. Sedangkan BPD Bengkuang yakni Karyanto, Lidya Kandau, Yahya SH, Herias Suanto, SE, Tarmizi, SE.

Acara pelantikan tersebut dihadiri Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banyuasin Roni Utama yang diwakili Kabid Pemdes DPMD Banyuasin Suhidin,.S.Sos., M.Si, Babinsa Sedang Sertu Dodi, Kapolsek Betung yang diwakili Kanit Sabhara Polsek Betung Ipda Fahrizal.

Hadir juga Ketua Forum Kades Suak Tapeh Rusdi Tamrin, Para Kades se- Suak Tapeh, Ketua dan Pengurus PPDI Kabupaten Banyuasin Joni Afandi, S.Pd, Ketua dan Pengurus ABPESNAS Suak Tapeh, KNPI Suak Tapeh, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta para tamu undangan lainnya.

Camat Suak Tapeh Sashadiman Rallibi, S.Ag,.S.M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan ini sebagai tindak lanjut atas berakhirnya masa bakti penjabat sebelumnya, guna meningkatkan estapet kemimpinan dalam memimpin desa untuk mengayomi kesejahteraan masyarakat.

Dia juga berharap, penjabat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya termasuk anggota BPD yang juga baru saja usai dilantik dan diambil sumpahnya dapat memperhatikan kedudukannya, tugas serta fungsinya. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses ini.

“Saya juga minta penjabat yang dilantik, agar memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19, dengan memakai masker, cuci tangan serta jaga jarak dan mendukung 7 program Banyuasin bangkit, adil dan sejahtera serta 12 program gerakan yang telah dicanangkan Bupati Banyuasin,”tutur dia.

Camat Suak Tapeh Sashadiman juga berharap, Pj Kades Sedang Jaharob, SE yang baru saja usai dilantik dapat bekerjasama dengan pemerintah kecamatan maupun Pemkab Banyuasin dalam melaksanakan program-program pemerintahan.

“Alhamdulillah hari ini, saya atas nama Bupati Banyuasin telah melantik Pj. Kades Sedang semoga amanah, dan dapat menjalin kerjasama dan silaturahmi dengan masyarakat untuk meningkatkan kinerjanya dan program-program kerja Desa Sedang,” ujarnya.

Camat juga meminta kepada Anggota BPD Desa Bengkuang dan Desa Biyuku yang jugaa baru saja usai dilantik untuk selalu dapat bersinergi dengan Pemerintah desa.”Jangan nanti ada kabar BPD mengadukan kades nya, ini yang harus dijaga jangan sampai terjadi,” ucap dia.

Untuk BPD yang baru ini lanjut dia, diharapkan menjadi figur dan panutan masyarakat untuk selalu bersenergi membangun desa, BPD merupakan tulang punggung desa untuk bekerjasama dengan kepala desa.”Harus selalu mengali sumber daya alam yang ada di desa agar mendapatkan pendapatan daerah tersebut,” pungkas dia.

Dikesempatan yang sama Kabid Pemdes DPMD Banyuasin Suhidin, S.Sos.,M.Si menghimbau kepada desa Sedang, bahwa sebentar lagi pemilihan Pilkades serentak di Kabupaten Banyuasin di 240 desa.

“Sedangkan BPD yang mempunyai hajatan tersebut untuk membentuk panitia Pilkades ini di tahun 2021. Diharapkan Pj. Kades yang baru ini untuk selalu bersenergi dengan BPD dan masyarakat,agar mengkondisifkan saat menjelang Pilkades di bulan November Tahun 2021 nanti,” ungkap dia.

Dia juga meminta Pj Kades Sedang yang dilantik agar dapat bersinergi dan menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh masyarakat sehingga bisa mengelola perkembangan desa dengan baik, serta menjaga adat dan tradisi desa setempat.

“Saya berharap, masyarakat juga bisa menjaga silaturahmi yang baik, serta mendukung setiap program kerja yang akan dilaksanakan oleh desa. Sehingga melalui komunikasi dan kerjasama yang kompak ini bisa memajukan pembangunan di Kabupaten Banyuasin,” kata dia.

Dia juga menyampaikan bahwa pada 17 November 2021 di Kabupaten Banyuasin akan diadakannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 240 desa, jadi ini tugas BPD untuk membentuk Panitia Pilkades.”Semoga kalian bisa melaksanakan tugas dengan sebaik – baik nya menjadi desa yang maju menuju banyusin bangkit adil dan sejahtera,” pungkas dia.

Bagikan: