BANYUASIN, Indo Merdeka,- Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin menjamin kesehatan hewan Qurban di Banyuasin agar layak di sembelih dan dikonsumsi, hal tersebut diungkapkan Edil Fitriadi saat dijumpai. dirinya berharap masyarakat agar jeli dalam memilih hewan yang akan dijadikan Qurban.

“Ya sebentar lagi akan dilaksanakan perayaan Hari Raya Idul Adha, 1441 H. agar hewan Qurban sehat kita periksa penampakan hewan seperti sapi, dan Kambing dari luar, seperti bulu cerah, mata bening, kakinya seimbang, nafsu makan kita berikan rumput apakah nafsu atau tidak, kalau demam kita periksa dari belakang dengan termometer,”Kata, Edil Fitriadi. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin, ketika ditemui, Rabu. 7/07/21.

Ditegaskannya, pihaknya selalu rutin memeriksa kondisi hewan masyarakat Banyuasin agar layak di sembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat terlebih saat perayaan Hari Raya Idul Adha seperti ini, “Kita rutin memeriksa hewan setiap tahun, seperti di Sembawa, Betung, Pangkalan balai, Talang kelapa, dan Banyuasin I, serta Rambutan, Pemeriksaan yang kita laksanakan menyasar ke pemilik hewan yang mempunyai hewan lebih banyak, seperti pengusaha hewan qurban setiap tahun menjual, sebab setelah habis tahun depan mereka ambil lagi.”Ucapnya.

Edil menambahkan, masyarakat harus jeli untuk membeli hewan Qurban, masyarakat harus paham terhadap hewan layak untuk dijadikan hewan Qurban, sebab hewan Qurban haruslah benar-benar sehat. “Kita berpesan kepada masyarakat agar jeli dalam membeli hewan, harus paham kesehatannya, seperti umur, kesehatan dan bentuk tubuh dari hewan itu sendiri, agar hewan yang di sembelih benar-benar layak sehingga menjadi berkah,”Imbuhnya.

Pihaknya menegaskan, bahwa agar hewan Qurban yang ada di Banyuasin layak di jadikan hewan Qurban Pemeriksaan, Pemantauan serta perawatan terus dilakukan. “Kami selalu melaksanakan pemantauan, Pemeriksaan dan perawatan terhadap hewan-hewan yang ada di Banyuasin, agar layak disembelih dan di konsumsi,”tukasnya.

Bagikan: