Muara Enim, Indo Merdeka –
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Bustomi, S, Ag, menyatakan bahwa pada saat ini kita masih dalam masa pandemi, maka dihimbau kepada masyarakat, pada saat pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha 1442 H dan pelaksanaan pemotongan hewan qur’ban.

 

Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes Covid-19), sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama SE no 16 tahun 2021 dan SE no 17 tahun 2021. Agar masyarakat mengetahui Surat Edaran tersebut, maka telah diinstruksikan kepada Penyuluh Agama Islam Honorer dan P2UKD di Kecamatan Sungai Rotan untuk sosialisasi dengan memanfaatkan media sosial dan mencetak Surat Edaran (SE) itu untuk disebarkan.

Lanjutnya, bahwa tahun ini kita masih bisa melaksanakan ibadah sholat Ied, namun dengan prokes yang ketat, semua ini dilakukan demi kebaikan kita bersama dalam hal pencegahan dan bukan maksud untuk memutus silaturahmi di situasi wabah saat ini.

“Insya allah sholat Ied jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021, juga dihimbau kepada pengurus masjid yang ada di Kecamatan Lembak untuk menerapkan Prokes Covid-19, ” himbau Ka. KUA Lembak Bustomi, S.Ag pada media ini (16/07).

Dikatakannya, bahwa waktu pelaksanaan khotbah usai shalat Ied, nantinya untuk tidak terlalu lama namun tentunya bermakna, begitupun usai shalat para jemaah tidak melakukan interaksi dengan berjabat tangan namun lebih mengedepankan senyuman dengan melalui tatap muka.

” Kepada panitia kurban dihimbau untuk bertindak profesional, bekerja dengan tetap menjaga kebersihan dan membagikan daging kurban kepada yang berhak langsung ke rumahnya masing-masing agar tidak terjadi kerumunan. Kepada masyarakat juga diminta untuk tidak datang mengantri dan berkerumun di tempat pemotongan hewan kurban,” ulasnya

“Kita dan orang di sekitar kita berhak untuk sehat, dan kita mempunyai kewajiban untuk tetap menjaganya. Memang saat ini wilayah kita masih aman, namun kita harus tetap waspada, Corona masih Melanda, jadi mari kita laksanakan protokol kesehatan dengan lapang dada dan ikhlas,” ajak Ka KUA Kec.Lembak, Bustomi, S.Ag,kepada media ini (JYN)

Bagikan: