Jakarta, Indo Merdeka – Megabintang Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona pada Jumat (6/8) waktu Indonesia. Berikut kronologi Messi tinggalkan Barcelona.

Kejutan besar datang dari bursa transfer pemain musim ini. Kapten timnas Argentina Lionel Messi tidak akan bermain di Barcelona pada musim ini.

Pengumuman Messi tidak lagi berseragam Barcelona diumumkan langsung Barcelona melalui situs resmi pada Jumat (6/8) dini hari waktu Indonesia.

Messi terakhir kali memperpanjang kontrak dengan Barcelona pada November 2017. Kontrak baru tersebut berakhir pada Juni 2021 lalu.

Sejak kontrak baru itu Messi masih bisa mempersembahkan dua gelar Liga Spanyol, dua trofi Copa del Rey, dan satu trofi Piala Super Spanyol.

Akan tetapi, sebelum musim lalu dimulai, friksi Messi dengan Barcelona tepatnya dengan presiden klub Josep Maria Bartomeu terjadi. La Pulga merasa dibohongi Bartomeu dan akhirnya berselisih.

Sebelum musim 2020/2021 dimulai, Messi membuat publik tercengang dengan mengirimkan surat pengunduran diri.

Messi ingin tinggalkan Barcelona pada awal musim 2020/2021 saat kontraknya tersisa satu musim. Tetapi, klausul yang awalnya menyebutkan Messi bisa pergi dari Barcelona dengan gratis dimentahkan Bartomeu.

Dengan terpaksa Messi bertahan di Barcelona. Messi pun harus menjalani musim lalu dengan sejumlah kontroversi.

Selain berselisih dengan Antoine Griezmann, Messi juga dikabarkan dijauhi para pemain senior Barcelona pada musim lalu.

Permasalahan-permasalahan itu membuat Messi tidak optimal bersama Blaugrana hingga akhirnya gagal mempersembahkan gelar pada musim 2020/2021. Meski demikian Messi masih bisa menorehkan rekor sebagai top skor La Liga dengan 30 gol.

Kabar baik datang pada awal Juli setelah Messi dilaporkan menerima kontrak baru di Barcelona selama 5 tahun. Hanya saja, kontrak baru itu berujung pemotongan gaji Messi sebesar 50 persen.

Setelah kabar baik tersebut Barcelona diterpa isu miring terancam tidak bisa mendaftarkan Messi di La Liga karena hutang dan permasalahan keuangan yang dimiliki klub.

Usai kesepakatan tersebut, penandatanganan kontrak rencananya dilakukan pada awal Agustus. Akan tetapi, setelah tiga pekan menjalani liburan usai juara Copa America 2021 bersama Argentina, rencana peresmian kontrak baru itu meleset.

Messi yang dijadwalkan hadir di kantor Barcelona pada Senin (2/8) tidak kunjung datang. Sampai akhirnya, Barcelona mengumumkan melepas Messi pada Jumat (6/8) karena masalah keuangan.

Sumber Berita : CNN Indonesia

Bagikan: