BANYUASIN, INDO Merdeka,- Pihak PT Kasih Argo Mandiri (KAM) akhirnya angkat bicara terkait adanya dugaan pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah PT KAM di Desa Biyuku Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Humas PT KAM Irwandi mengatakan jika pihaknya melakukan pembuangan limbah secara langsung itu tidaklah benar. Pihaknya mengolah terlebih dahulu limbah tersebut, kemudian setelah sesuai dengan baku mutu lingkungan baru dibuang.

“PT KAM membuang langsung limbah itu tidak benar, dari 13 kolam kita cek uji baku dan mutu, diolah baru dibuang. Jadi pembuangan limbah tanpa pengolahan itu tidaklah benar,”ujarnya, Selasa (24/08/2021).

Mengenai adanya hasil uji laboratorium dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuasin yang mengatakan hasil olahan limbah tidak sesuai dengan baku mutu lingkungan, Irwandi menegaskan bahwa pihaknya tidak mengharapkan itu terjadi.

“Dari 6 point yang di uji, sebenarnya ada 2 point saja yang tidak memenuhi yaitu BOD dan COD. Tapi kami anggap ini teguran, kita diberikan waktu 3 bulan dan kedepan akan secepatnya diperbaiki,”katanya.

Ditambahkan Irwandi, pihaknya juga akan menambahkan beberapa treetment pengolahan limbah seperti memperhatikan warna sehingga nantinya hasil olahan yang dibuang benar-benar sesuai dengan aturan.

“Kita akan perhatikan warna dengan menggunakan alat sistem perjernihan air Clarifier untuk mengecek limbah dan ini baru ada 2 di Sumsel. kami juga nanti akan mengandalkan komunikasi dengan warga setempat,”tandasnya

Bagikan: