Jakarta, Indo Merdeka – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menyebut pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-18 bakal digelar di Jakarta mulai 30 Agustus 2021 mendatang.

Indra Sjafri mengatakan tanggal TC tersebut masuk dalam kesepakatan usai pertemuan antara PSSI dengan Kepala Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, Kamis (26/8).

“Tanggal 30 Agustus mulai TC Timnas U-18 di Jakarta,” kata Inda Sjafri, Sabtu (28/8).

Soal berapa pemain yang akan dipanggil untuk mengikuti TC, Indra Sjafri mengatakan hal itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelatih Shin Tae Yong.

Timnas Indonesia U-18 dipersiapkan jelang Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Piala Dunia U-20 ini dua kali mengalami pengunduran sejak rencana awal digelar pada 2020. Gara-gara Covid-19, rencana pada 2020 diundur ke 2021 dan kemudian kembali ditunda hingga 2023 mendatang.

“Program pembentukan timnya, pemilihan pemain semuanya diserahkan dan jadi tanggung jawab pelatih. PSSI memastikan roadmap dan program itu didukung dengan baik,” jelasnya.

Menurut Indra Sjafri, PSSI belum menentukan TC untuk sejumlah level Timnas Indonesia. Padahal tiga agenda bakal digelar dalam waktu dekat.

Tiga agenda tersebut yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 yang rencananya digelar di Indonesia pada 27 Oktober mendatang. Timnas Indonesia U-23 diharapkan bisa lolos dan tampil di Piala Asia U-23 yang akan digelar 1-19 Juni 2022 di Uzbekistan.

Kemudian play off Piala Asia melawan Taiwan yang masih menunggu keputusan AFC soal perubahan tanggal yang diminta PSSI belum lama ini. Terakhir Timnas Indonesia diharapkan bisa menjadi juara untuk kali pertama di ajang Piala AFF yang akan digelar mulai pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022 mendatang.

“[TC Timnas senior] belum. Yang senior lagi kompetisi. Kalau pemain senior berkompetisi kan sangat membantu pemain latihan dan ada pertandingan, dengan sendirinya Timnas terbantu tidak perlu TC terlalu panjang.”

“Ini alasan kuat secara teknis kompetisi harus jalan. Alhamdulillah kompetisi sudah jalan mulai kemarin [Jumat 27/8],” tutup Indra Sjafri.

Sumber Berita : CNN Indonesia

Bagikan: