OKU Timur, Indo Merdeka – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Ir. Tubagus Sunarseno, mengingatkan Kelompok Tani (Poktan) dan Korporasi Petani di OKU Timur yang telah menerima berbagai fasilitas bantuan pertanian dari Pemerintah, agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik.

Hal itu disampaikan Tubagus dalam sela-sela menghadiri Penyerahan Bantuan Alsintan dan Bibit Pertanian dari Gubernur Sumatera Selatan kepada petani di OKU Timur. Selasa (07/08). Di Desa Sabah Lioh Kecamatan Bunga Mayang.

“Saya pesankan kepada para petani kita yang tergabung dalam Kelompok Tani maupun dalam Korporasi Petani agar memanfaatkan bantuan yang telah diberikan Bapak Gubernur dengan baik. Bapak Gubernur memberikan bantuan ini untuk memudahkan kelangsungan usaha petani. Jika hasilnya meningkat dan otomatis kesejahteraan ikut meningkat,” ucapnya.

Tubagus juga mengakui, memang belum sepenuhnya para petani mendapatkan bantuan dari Pemerintah, baik itu dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun pusat. Dirinya juga menyarankan bagi petani yang belum tergabung dalam kelompok tani agar segera bergabung sehingga dapat mendorong produktivitas meningkat.

“Petani Kalau ada kebutuhan segera lapor yang penting terdaftar dikelompok tani. Namun perlu diingat tidak serta merta langsung dapat, karena kita menyesuaikan dengan data yang ada. Namun kita upayakan bantuan ini merata. Semaksimal mungkin kita respon keinginan petani kita,” ujarnya.

Menurut Tubagus, Pemerintah Kabupaten OKU Timur berencana ingin mempercepat capaian 1 juta ton gabah kering yang sebelumnya ditargetkan pada tahun 2025 dan diupayakan target tersebut tercapai ditahun 2023. Langkah-langkah yang diambil dengan terus membagikan bantuan kepada petani baik berupa Alsintan, benih pertanian serta Pendampingan.

“Kita upayakan target capaian 1 juta ton gabah kering ini tercapai di tahun 2023. Pemerintah Kabupaten, Provinsi akan terus konsisten menyalurkan sarana Produksi pertanian. Untuk kami ingatkan kepada petani manfaatkan bantuan ini sebaik mungkin,” ujarnya.

Adapun Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang dibagikan Pemprov Sumsel kepada Petani di OKU Timur berupa Alsintan pra panen dan pasca panen seperti mesin Traktor roda empat dan roda dua, pompa air, Cultivator, mesin Combine. Selain itu juga benih Padi dan Jagung serta Pupuk Organik Cair (POC). (fah)

Bagikan: