Jakarta, Indo Merdeka – Sekitar seratus orang mengikuti penerbangan evakuasi dari Kabul pada Kamis (9/9), untuk pertama kalinya sejak Amerika Serikat resmi hengkang dari Afghanistan pekan lalu.

AFP melaporkan bahwa lebih dari 100 orang yang ikut penerbangan Qatar Airways itu sudah mendarat di Doha pada Kamis malam.

Seorang warga berkewarganegaraan Afghanistan-Amerika yang mengikuti penerbangan itu bercerita bahwa ia baru diberi tahu mengenai evakuasi itu di pagi hari.

“Kami dihubungi Kementerian Luar Negeri. Mereka menelepon saya pagi ini dan menyuruh kami ke bandara,” ujar pria yang enggan diungkapidentitasnya itu.

Sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki, enggan mengungkap jumlah warga AS di penerbangan itu. Namun sebelumnya, Psaki mengatakan bahwa masih ada sekitar 100 warga AS yang menanti evakuasi di Afghanistan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Kanada menyatakan, 42 warganya mengikuti penerbangan evakuasi itu.

Menteri Luar Negeri Belanda, Sigrid Kaag, juga mengatakan bahwa 13 warganya mengikuti penerbangan tersebut. Ia berterima kasih kepada pemerintahan karena dapat memfasilitasi penerbangan itu.

Juru bicara bidang pertahanan Gedung Putih, Emily Horne, mengatakan bahwa Taliban juga sangat kooperatif dalam membantu keberangkatan warga AS dari Afghanistan menuju Qatar.

“Taliban kooperatif dalam memfasilitasi keberangkatan warga negara Amerika Serikat dan penduduk dengan pesawat yang dicarter dari HKIA [Hamid Karzai International Airport],” tutur Horne.

Jurnalis AFP di Kabul memang melaporkan bahwa pasukan Taliban di sekitar bandara Kabul memang bertambah. Mereka dikerahkan ke ruas-ruas jalan sekitar bandara sambil membawa senjata.

Ini merupakan penerbangan internasional pertama dari bandara Kabul setelah AS hengkang pada 30 Agustus lalu. Penerbangan ini dianggap memberikan kembali harapan bagi warga-warga lain yang menanti evakuasi demi menghindari kekuasaan Taliban.

Namun, AS dan Qatar tak menjabarkan lebih lanjut penerbangan evakuasi serupa akan tetap ada setelah ini atau tidak.

Sumber : CNN Indonesia

Bagikan: