Jakarta, Indo Merdeka – Elkan Baggott dijadwalkan menjalani karantina mandiri hingga 18 Desember mendatang. Bek berdarah Inggris-Indonesia itu bisa bermain saat Timnas Indonesia vs Malaysia, Minggu (19/12).

Kepastian itu diungkap Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, Rabu (15/12), Suryopratomo mengatakan Elkan Baggott akan mulai menjalani karantina hari ini.

“Elkan hari ini akan mulai menjalani karantina [lima hari] di Hotel Pan Pacific,” ucap Suryopratomo.

Lebih lanjut Suryopratomo mengatakan Elkan Baggott sudah bisa kembali beraktivitas pada Sabtu (18/12) jika hasil tes PCR negatif. Dengan demikian bek Ipswich Town itu bisa memperkuat Indonesia saat melawan Malaysia.

“Kalau nanti pada hari kelima hasilnya negatif pada tanggal 18 [Desember] Elkan bisa beraktivitas kembali secara normal,” ucap Suryopratomo.

Elkan Baggott secara mengejutkan tidak bisa memperkuat Indonesia saat melawan Vietnam pada lanjutan Grup B Piala AFF hari ini. Bek 19 tahun itu harus menjalani karantina karena kedapatan satu pesawat dengan orang positif Covid-19 dalam perjalanan ke Singapura.

Meski sudah sempat menjalani pertandingan saat Indonesia vs Laos dan hasil tes PCR negatif, Baggott tetap harus menjalani karantina.

“Elkan yang datang tanggal 8 Desember, terbang dari London dan transit di Dubai. Semua penumpang begitu tiba dilakukan tes PCR dan menunggu hasilnya di tempat tinggalnya dan dilarang beraktivitas sama hasilnya PCR-nya keluar. Biasanya antara 4 sampai 6 jam. Elkan hasil PCR negatif,” ucap Suryapratomo.

“Tetapi karena ada satu penumpang kemudian diketahui positif, seluruh penumpang Emirates, karena bukan menggunakan VTL [Vaccinated Travel Lane] Flight, mendapatkan perintah karantina selama 5 hari dari Kementerian Kesehatan Singapura demi keselamatan orang tersebut dan warga yang lain,” ucap Suryapratomo.

Sumber : CNN Indonesia

Bagikan: