Bandung, Indo Merdeka – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan terus mengikuti perkembangan varian Omicron yang baru saja terdeteksi masuk ke Indonesia pada Kamis (17/12). Pemerintah juga melakukan pemantauan terhadap varian tersebut di negara lain.

“Kami ikuti terus dalam pemerintah kabinet setiap minggu. Kami melihat semua hasil penelitian semua negara, seperti yang terjadi di Inggris Afrika Selatan kami ikuti,” kata Sri Mulyani kepada media, Jumat (17/12).

Ani, panggilan akrabnya, mengklaim Presiden Joko Widodo telah meminta kepada seluruh daerah untuk tetap fokus dalam menangani pandemi khususnya varian omicron.

Ia menyebut berbagai langkah telah ditempuh pemerintah dalam rangka mengendalikan pandemi covid-19 seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan memperkuat 3T yakni testing, tracing, dan treatment.

Tidak hanya itu, mantan Managing Director Bank Dunia tersebut juga mengatakan program vaksinasi akan terus didorong di semua daerah dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait.

“Vaksinasi dilakukan, anggaran tetap sama, kami dorong semua daerah selama ini ada kapasitas lakukan itu. Jadi koordinasi dari Kemenkes, TNI, Polri, Pemda makin ditingkatkan dengan munculnya omicron,” katanya.

Ani berharap varian terbaru ini tidak akan merebak seperti varian Delta yang membuat gelombang kedua pandemi terjadi pada pertengahan tahun ini.

Namun demikian, ia telah memerintahkan kepada kementerian dan lembaga untuk menyediakan anggaran cadangan sebesar 5 persen, apabila Omicron merebak seperti Delta.

Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yon Arsal mengatakan pemerintah akan terus berkomitmen untuk mendukung penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Pemerintah berkomitmen untuk mendukung penanganan covid karena anggarannya bersifat fleksibel di awal sekitar 300 plafon, tapi langsung fleksibel (bergantung) kebutuhan,” kata Yon kepada media, Jumat (17/12).

Ia menekankan anggaran negara akan disesuaikan dengan kondisi yang ada, namun yang terpenting tetap menjaga kecepatan dalam menangani pandemi.

Sebagai informasi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan varian baru covid-19 Omicron masuk ke Indonesia pada Rabu (15/12) malam. Ia membeberkan varian ini ditemukan di Wisma Atlet Jakarta.

Sumber : CNN Indonesia

Bagikan: