BANYUASIN,INDO MERDEKA,- Mewakili Gubernur, Asisten 1 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. H. Rosyidin Hasan, M.Pd.I mengapresiasi partisipasi PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) dalam pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Rosyidin saat menghadiri Safari Ramadhan di Masjid Darul Ridwan, Komperta Plaju Senin (18/4) malam. Ia menyebut kehadiran Kilang Pertamina Plaju betul-betul dirasakan masyarakat Sumsel terutama di Palembang dan Banyuasin.

Diakuinya, Pertamina telah melewati beberapa proses yang panjang dalam menjadi perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di industri minyak dan gas (migas). “Kilang Pertamina Plaju telah memberi kontribusi positif khususnya untuk Sumsel,” kata Rosyidin.

Selain berpartisipasi sebagai salah satu obyek vital nasional yang berperan mengolah energi untuk kebutuhan di Sumbagsel, menurut Rosyidin, kehadiran Kilang Pertamina Plaju juga dirasakan dengan pelayanan yang luar biasa melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) nya.

Di hadapan jajaran tamu undangan lainnya, Rosyidin menambahkan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam membangun Sumsel sesuai kapasitas instansi dan organisasi masing-masing. “Kalau kita sinergi, kami yakin Sumsel akan sampai kepada kesejahteraan,” imbuhnya.

Ia juga berterimakasih atas kesediaan Kilang Pertamina Plaju yang telah menjadi tuan rumah Safari Ramadhan Pemprov Sumsel di malam yang ketujuh belas ini, bertepatan dengan Malam Nuzulul Quran. “Kita syukuri, setelah dua tahun kita tidak bisa berkumpul, alhamdulillah pada tahun ini kita bisa diberi kesempatan lagi,” ujarnya.

Adapun General Manager (GM) Kilang Pertamina Plaju Edy Januari Utama sangat yakin banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan menjalani Safari Ramadhan kali ini, salah satunya dapat terjalin silaturahmi antar berbagai elemen di Sumsel yang menurutnya memang sudah berjalan dengan baik.

Ia berharap, pada momen Safari yang digelar bertempat di Kilang Pertamina Plaju kali ini dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah. “Saya yakin, dengan silaturahim ini, lahir sinergi dan kolaborasi yang baik di masa yang akan datang,” ujar Edy.

Edy menceritakan bahwa sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas), Kilang Pertamina Plaju merupakan satu dari enam kilang milik PT KPI yang berkapasitas 80000 barel/hari. “Alhamdulillah, kami menyuplai 60% kebutuhan energi di Sumbagsel yang terdiri dari beberapa provinsi,” kata Edy.

Dalam menjalankan bisnis vital itu, Edy mengatakan Kilang Pertamina Plaju membutuhkan support serta dukungan dari berbagai elemen di Sumsel, termasuk jajaran pemerintahan, kepolisian, dan lainnya. “Kita perlu sinergi dan kolaborasi, sehingga tercipta kondusifitas dan stabilitas di wilayah operasi,” ungkapnya.

Sehingga momen Safari ini ia pun berharap dapat terjalin silaturahmi lebih erat dengan para stakeholder terkait. “Semoga dengan kegiatan safari ini, insya allah sinergi dan kolaborasi dengan seluruh pihak akan menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu perwakilan Kepala Dinas ESDM Sumsel Hendriansyah, S.T., M.Si., Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Panglima Daerah Militer (Pangdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Muchamad Bayu Hartomo, S.H., Kepala SPKT Polda Sumsel AKBP Ali Ansori, serta perwakilan dari Bank Sumsel Babel dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumsel.

Bagikan: