Jakarta, Indo Merdeka – Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Ramadhan mengatakan, Mabes Polri akan menerjunkan 144 ribu personel untuk menjaga keamanan di seluruh Indonesia yang salah satu tugasnya mengurai kemacetan, dengan pemberlakuan one way satu arus mulai pukul 17.00 Wib hari Kamis tanggal 28 April 2022 di Tol Jawa.

Penjelasan ini disampaikan Ramadahan di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Dari Jabotabek, ia memperkiraan pemudik mencapai jumlah 12 juta orang dari 85 juta pemudik se Indonesia.

“Untuk antisipasi kemacetan pemudik sebaiknya menyediakan minuman dan makanan yang cukup, juga BBM dan E Tol dua kali dari tup up biaya tol,” tambahnya.

Sedang untuk menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan pemudik, Ramadhan minta dari RT, keamanan perumahan dan Binmas Polri agar mendata warga yang mudik serta patroli untuk menjaga rumah pemudik agar tidak terjadi gangguan keamanan.

Komjen (pur) Adang Darajatun mantan Wakapolri yang kini menjadi anggota DPR RI punya pengalaman menghadapi mudik hingga terjebak macet sampai 3 jam dengan dinikmati saja dengan tidak lupa membawa makana nmembawa kuliner di rantang untuk persedian makan di jalan bersama anak istri di saat macet.

“Keamanan mudik tidak ditangan Polisi saja, keamanan kendaraan menjadi tanggung jawab Menteri Perhubungan, sedang bagi rumah yang ditiggal oleh pemudik, masarakat bisa menjaga keamanan dengan melakukan patroli bersama”,katanya.

Polisi sudah standar akan menerjunkan Intel Polri untuk menjaga keamanan bagi pemudik, jelasnya. Potensi kemacetan terjadi di jalur Merak, dan setelah Jakarta menuju Cikampek karena terjadi bottle neck penyempitan jalur jalan yang cuma 2 jalur , kata Ramadhan.

Keamanan lain yang tidak kalah penting yakni mencegah tejadi kebakaran dan pembobolan makanan di Mall atau kejadian pasar ambruk, kata Adang. Oce

Bagikan: