Standaridasi dan Sertifikasi Menunjang Optimalisasi Banyuasin Prima.

BANYUASIN,INDO MERDEKA,- Balai standarisasi dan pelayanan jasa industri kementerian perindustrian palembang melakukan kunjungan ke dinas koperasi ukm perindustrian dan perdagangan (koperindag) kabupaten banyuasin.

Kunjungan ini adalah menjajaki kerjasama bidang standarisasi dan pelayanan jasa industri antara lain seperti sertifikasi produk produk pengolahaan industri kecil, rumah tangga, menengah maupun besar.

Pada sambutannya kepala dinas koperindag Ir Erwin Ibrahim ST MM MBA menyampaikan bahwa “banyuasin adalah kabupaten penyangga ibukota provinsi sumsel palembang, dimana pengembangan industri kota palembang banyak beralih ke wilayah banyuasin khusus nya perbatasan, wajar saja pertumbuhan perindustrian banyuasin mencapai 2600 industri kecil menengah (IKM) ditahun ini. Hanya saja permasalahan pertumbuhan perindustrian dibanyuasin selain permodalan adalah masalah sertifikasi dan standarisasi, seperti SiRT, PiRT, BPOM, Halal dan SNI sehingga produk perindustrian IKM kita sulit untuk masuk ke pasar moderen seperti mall dan waralaba padahal banyak sekalian varian produk IKM kita”.

Menanggapi hal tersebut, tim Balai standarisasi dan pelayanan jasa industri kementerian perindustrian palembang yang di wakili oleh Tri Susanto, S.SI, M.Si, M.aIE. peneliti Ahli Muda merangkap Koordinator Pengujian Kalibrasi Verifikasi Dan Inspeksi, dan Aprillena Tornadez Bondan, ST MT, Pembina Industri Muda merangkap Koordinator Optimalisasi Konsultansi Teknologi Industri menyampaikan, “bahwa dengan pertemuan di harapkan kami dapat membantu pemkab banyuasin dapat melakukan standarisasi, sertifikasi dan pelatihan kepada IKM banyuasin secara gratis dan memberikan bantuan peralatan teknologi industri kepada IKM melalui Dana APBN kementerian perindustrian dan kami melihat perkembangan industri banyuasin sangat pesat jadi harus didukung didalam pelayanan jasa industri agar produk IKM banyuasin dapat bersaing dengan produk dari luar banyuasin”.

Perlu diketahui bahwa program banyuasin prima bupati banyuasin H Askolani Jasi SH MH menjadikan perindustrian tumbuh cukup pesat terlihat dengan turunnya angka kemiskinan dan tumbuhnya presentasi perekonomian banyuasin yang merupakan bukti andil dari industri masyarakat banyuasin.

About Supri Indomerdeka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan