INDOMerdeka, OKU Timur – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur mengelar pra kongres kebudayaan tahun 2022, yang akan di selengarakan di graha tani Martapura.

Gelaran pra kongres ini dilaksanakan selama dua hari, dengan mengundang narasumber orang orang yang mengerti kebudayaan komering.

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kepala bidang kebudayaan M Ridwa mengatakan pra kongres di hadiri oleh pengurus Forum Keluarga Komering Ulu (FOKKU), Para budayawan lintas generasi.

“Pra kongres Kebudayaan komering ini merupakan hal pertama dilakukan di Kabupaten OKU Timur,” ujarnya. Selasa (19/07).

Penggagas Pra Kongres ini lanjutnya, ada namannya Tim 9 yang di kordinir oleh Dr Erwan Surya Negara MSn.Yang merupakan ahli kebudayaan dan salah satu peneliti Sriwijaya dan Megalitikum.

“Untuk peserta yang ikut berjumlah 40 orang dari berbagai unsur, mulai dari akademisi, pemerhati budaya, lembaga adat dan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu Dr Erwan Surya Negara MSn Saat di temui mengatakan, bahwa pra kongres kebudayaan bertujuan untuk merumuskan kongres kebudayaan yang sesunguhnya.

Tujuannya untuk melekatan pondasi dasar kebudayaan komering yang sudah mulai tersingkirkan dan perlu di angkat kembali ke permukaan.

“Di harapkan pra kongres ini bisa merumuskan dan menghasil rekomendasi kebudayaan baik untuk pemerintah dan masyarakat,” ujarnya. (ril)

Bagikan: