Jakarta, Indo Merdeka – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menerapkan aturan ketat di pemusatan latihan jelang Piala AFF U-16 2022, termasuk tepat waktu saat sholat berjamaah dan penggunaan handphone atau HP.

Timnas U-16 terus melakukan persiapan jelang tampil di Piala AFF 2022 yang akan digelar di Sleman dan Bantul pada 31 Juli hingga 13 Agustus mendatang.

Bima Sakti mengatakan kedisplinan pemain sangat penting dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 jelang Piala AFF 2022. Untuk itu tim pelatih Timnas U-19 memakai aturan yang ketat bagi para pemain, salah satunya dalam hal beribadah.

“Saya selalu tekankan kepada pemain agar disiplin, menghargai waktu, disiplin masalah seragam, saat latihan juga dan semuanya kita buat aturan,” kata Bima Sakti melalui YouTube PSSI.

“Masalah ibadah juga kita bikin aturan untuk sholat bersama bagi yang beragama Islam mulai dari pelatih, ofisial, dan pemain. Kalau terlambat datang didenda Rp50 ribu dan jika sampai ketiduran Rp100 ribu. Pokoknya kita bikin aturan yang jelas,” terang Bima Sakti.

Lebih lanjut Bima Sakit mengatakan aturan Timnas U-16 terkait ibadah untuk pemain non-muslim juga sangat ketat.

“Pemain yang non-muslim juga kita beri kesempatan beribadah. Yang beragama Kristen kami beri toleransi ke gereja di hari Minggu. Kami juga siapkan kendaraan untuk mengantar mereka ke gereja. Sementara yang dari Bali, jam 10 kita antar ke Pura,” ujar Bima Sakti.

Bukan hanya terkait ibadah, aturan di skuad Timnas Indonesia U-16 juga menyangkut kedisplinan menggunakan handphone.

“Masalah jam-jam istirahat kami juga berikan aturan. Jam 9 malam harus istirahat semuanya karena mereka punya tugas dan tanggung jawab kita besar sekali,” kata Bima Sakti.

“Kita harus mulai dari hal yang kecil, masalah disiplin, makan, dan penggunaan HP [handphone] juga kami hanya berikan mereka waktu selama empat jam sehari untuk mengontrol mereka agar tetap fokus saat latihan latihan dan tujuan untuk memberikan yang terbaik di Piala AFF U-16 tahun ini,” sambung Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A Piala AFF U-16 2022 bersama Vietnam, Singapura, Filipina. Laga pertama Indonesia vs Filipina akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 31 Juli mendatang. Dikutip dari CNN Indonesia.

Bagikan: