Palembang, Indo Merdeka – Dewan Pimpinan Provinsi Gerakan Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (GNPK) Sumsel menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Serta Masyarakat Dalam Upaya Pemberantasan Mafia Tanah dan Saber Pungli, Di Hotel Beston Palembang, Kamis (24/11/2022).

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dalam acara seminar Gerakan Nasional Permberatasan Tindak Pedana Korupsi (GNPK) menyampaikan bahwa GNPK harus berperan aktif dalam memberikan literasi kepada masyarakat agar mereka paham akan hak dan kewajibannya tentang hukum di Indonesia.

“Acara ini sangat mulia dimana ada unsur yang datang murni dari masyarakat yaitu GNPK yang mempunyai kepedulian untuk mencegah dan memberantas korupsi,”.

Dilanjutkannya, terkait dengan sengketa tanah yang sering terjadi, HD meminta GNPK dapat memilah sengketa yang sering terjadi dan membedahnya sesuai dengan wilayah yang bersengketa. “Seperti perkebunan dengan perseorangan, negara dgn perseorangan, atau perseorangan dan perseorangan. Tentunya semua ini memiliki kasus yang berbeda-beda di setiap sengketanya.

Maka dari itu diharapkan GNPK dapat hadir menjadi solusi sesuai dengan pokok permasalahan yang dihadapi,” tutur HD.

Sementara itu, Sekretaris GNPK, M. Z.D Nagaria, SH mengatakan bahwa faktor utama terjadinya tindak korupsi adalah sistem penegakan hukum yang kurang tegas terhadap pelaku korupsi sehingga tidak menimbulkan efek jera.

Menurutnya, kurangnya keterbukaan pada pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan serta faktor moral manusia yang harus dibenahi agar praktik korupsi tidak terjadi kembali.

Ketua GNPK Provinsi Sumsel M Aminudin menuturkan kegiatan hari ini merupakan bentuk peduli GNPK pada masyarakat atas tindakan mafia tana di Sumsel.

“Seperti kata pak Gubernur tadi melalui seminar ini semoga dapat memberikan pencerahan tentang hukum kepada peserta yang hadir hari ini, Sehingga tidak terjebak dengan tipe rayu bujuk rayu oleh oknum tertentu”

Lanjut Amin “Di samping, diadakan seminar nasional ini kita memberikan solusi. Kalau kehidupan orang yang sudah makmur, sejahtera masih terbujuk rayu korupsi, itu tidak bisa dibayangkan,”pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan seminar tersebut seperti Kepala Sekolah, Camat dan para Kades Kab/Kota se Sumatera Selatan.dan
Turut hadir juga Fungsional Korsub KPK, Wuri Nurhayati, Spesialis Kordinasi dan Super Visi KPK, Alfi Rahman Waluyo, Satgas Pemberantasan Mafia Tanah Mabes Polri, Kombes Pol Muslimin dan Kombes Pol Hadi, Ketua GN PK Sumsel, M. Aminuddin dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.

Bagikan: