Palembang, Indo Merdeka – Program pendampingan pra alumni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sumatera Selatan targetkan siswa pasca lulus sekolah lanjut kuliah sambil berwirausaha atau kerja sambil berwirausaha.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Fahlevi menuturkan program pendampingan pra alumni merupakan strategi untuk siswa menjadi wirausaha pasca lulus sekolah.

“Atau mencari kerja dan melanjutkan ke perguruan tinggi agar anak didik yang tamat tadi tidak bingung dan tidak ragu namun diharapkan bisa berwirausaha sambil kuliah,” ungkap Riza.

Selain itu, Riza menyebutkan sesuai pembinaan Kepala sekolah harus mempunyai modal 4G dan di SMKN Sumsel telah menjalankan hal tersebut yang diantaranya Gagasan, Gerakkan, Gaul dan program Gila.

Kepala SMKN Sumsel, Zulkarnain mengatakan pendampingan yang dilakukan adalah upaya sekolah agar calon alumni tidak ragu menentukan arah ketika lulus, diamana calon alumni telah memiliki tiga dimensi yakni dimensi wirausaha, dimensi kerja dan dimensi peluang kuliah.

“Tapi mereka masih bimbang dan ragu maka pendampingam ini memberikan pemahaman mana yang bagus dan cocok untuk mereka,” ujarnya.

Ia juga menambahkan SMK Sumsel punya moto bisa di segala bidang baik wirausaha, kerja dan kuliah yang diharapkan dapat kuliah sambil kerja dan kuliah sambil berwirausaha yang menajdi pembeda dengan SMA.

“Penyerapan kerja sebelum lulus sudah ada yang diterima dan didunia kerja banyak diterima semua lulusan sudah tau arah yang tepat untuk dipilih,” pungkasnya.

Bagikan: