PALEMBANG – Poskamlimg yang menjadi sasaran TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang saat ini sudah mulai tahap finishing. Poskamling ini sendiri bernama Besemah.

Dari pantauan, dinding pada bangunan pos keamanan lingkungan sudah dicat berwarna putih. Di bagian dalam, bangunan dengan luas 2×2 meter dibuat tempat dudukan permanen untuk warga yang menjaga keamanan lingkungan.

Dansatgas TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang Letkol Czi Arief Hidayat, MHan menjelaskan, poskamling ini bernama Besemah.

Besemah merupakan kepanjangan dari bersih, sehat dan ramah lingkungan.

Nama Besemah ini sejalan dengan pembangunan MCK yang bertujuan agar warga di lokasi TMMD, Kampung Serang, Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang tetap menjaga kebersihan dan membudayakan hidup sehat.

Dengan begitu, warga akan peduli terhadap lingkungan di kampung tersebut.

“Poskamling ini kita beri nama Besemah agar warga selalu teringat pesan anggota Satgas selama berada di kampung ini,” ujar Dansatgas.

Sementara itu, Dan SSK Kapten Czi Sarbanu mengaku bersyukur warga antusias di dalam pembangunan pos tersebut. Hasilnya, pembangunan pos keamanan lingkungan ini sudah menunjukkan perkembangan yang baik.

“Pembangunan poskamling ini sudah masuk pada tahap finishing,” kata Dan SSK Kapten Czi Sarbanu.

Kapten Sarbanu menjelaskan, pembangunan pos keamanan lingkungan ini merupakan sasaran fisik tambahan dari program TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang.

Keberadaan poskamling ini dinilai penting untuk menjaga keamanan lingkungan sekaligus menjadi tempat silaturahmi bagi warga.

“Apalagi poskamling yang kita bangun ini dibantu warga, insyaalloh sebentar lagi akan selesai. Jika kita persentasekan saat ini sudah mencapai 50 persen,” kata Kapten Sarbanu.

Danramil 418-08/Sako ini menilai, lokasi poskamling di Kampung Serang juga sangat strategis. Pos dengan luas bangunan 2×3 meter berada di persimpangan yang memudahkan warga memantau kondisi keamanan kampung.

“Posisi poskamling berada di pangkal jalan baru yang akan kita buka. Sehingga sebelumnya simpang tiga, kini berada di simpang empat. Kami menargetkan pembangunan ini cepat selesai, apalagi warga ikut membantu sehingga kami yakini poskamling ini bisa segera digunakan,” jelasnya

Pihaknya berkeyakinan jika pembangunan poskamling bisa segera selesai. Hal ini mengingat, pembangunan pos keamanan lingkungan tersebut dikerjakan secara gotong royong.

“Dengan konsep bergotong royong seperti ini, kami sangat yakin pekerjaan ini bisa selesai tepat waktu. Semoga saja cuaca mendukung,” harapnya. (*)

Bagikan: