Palembang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar provinsi Sumsel menggelar Rakerda dengan tema Bersama Menangkan Hati Rakyat, Majulah Indonesia” di ballroom Hotel Aston Kamis 15 Juni 2023.

Dihadiri, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumsel, H.Bobby Adhityo Rizaldi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, Rakerda ini merujuk dari rakernas yang dilakukan di DPP sekitar 2 minggu yang lalu. Tentunya dari hasil Rakernas itu perlu dijabarkan di DPD provinsi masing-masing.

“Kaitan dengan itu, pada hari ini DPD Partai Golkar provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Rakerda.  Artinya apa yang sudah dirumuskan di pusat perlu dijabarkan di tingkat provinsi dan kabupaten kota sesuai dengan kondisi lapangan masing-masing,” katanya.

Jelasnya, Merujuk daripada itu pihaknya tahu bahwa sudah disampaikan tadi, berdasarkan amanat Munas kita punya keputusan Rapimnas tahun 2021 intinya bagaimana kita memenangkan Pilpres, agaimana kita memenangkan Pileg dan bagaimana memenangkan Pilkada. Target kita Golkar menang, Pak Airlangga Hartarto Presiden.

  

Tema hari ini ini adalah “Bersama Memenangkan Hati Rakyat, Untuk Indonesia Maju”. Sambungnya, itu artinya disitu bersama kita perlu membuat strategi, taktik dan langkah-langkahnya di lapangan bagaimana memenangkan hati rakyat.

“Setelah itu kita berbicara bagaimana kita memajukan Indonesia. Untuk memajukan Indonesia tidak bisa kita teriak-teriak tapi kita terlibat, caranya satu kita harus menjadi anggota dewan. Karena kita ada tiga fungsi dari anggota dewan yaitu anggaran, legislasi dan pengawasan,” bebernya.

Kemudian, untuk menjadi pejabat eksekutif karena untuk mengeksekusi program-program itu.  Pada legislatif dan pada semua level politik pengambilan keputusan secara kolektif untuk kesejahteraan masyarakat baru kita terlibat di situ.

“Saya harap dari provinsi akan menelurkan strategi nyata di lapangan untuk merumuskan atau mewujudkan target yang sudah ditentukan oleh DPP. Dan, intinya ada 4 program prioritas pertama konsolidasi. Saya katakan tadi, konsolidasi seharusnya sudah dilakukan. Dari konsolidasi tingkat provinsi sampai ke desa sudah harus selesai,”ungkapnya,

Kedua, bagaimana menyusun program untuk memenangkan pilpres karena Pak Airlangga sebagai calon presiden dari Partai Golkar.

Ketiga, bagaimana memenangkan pileg ada dari DPRD kabupaten kota provinsi maupun pusat DPR RI.

“Dan nanti kita berbicara bagaimana memenangkan Pilkada intinya berbicara tentang bagaimana mensukseskan 4 program,” paparnya.

Ketika ditanya mengenai keputusan MK terkait sistem pemilu dengan proposional terbuka, Lodewijk menjelaskan, keputusan MK pihaknya sangat bersyukur rekan-rekan media ingat saat mulai didengungkan tentang sistem proporsional tertutup seorang Airlangga  ketua umum partai Golkar berinisiasi mengumpulkan para ketua umum partai di parlemen, dan ada delapan yang mendukung sistem proporsional terbuka di hotel Dharmawangsa.

“Kita sepakat kita sepakat bahwa kita harus memperjuangkan sistem profesional terbuka. Kenapa kita menggunakan itu karena kita yakin sistem profesional terbuka adalah amanat dari era reformasi mengamanatkan,” katanya.

Partai Golkar dengan yang lain-lain termasuk teman-teman dari sudah 9 partai full kita sepakat bahwa kita tidak ingin mengambil kedaulatan rakyat yang sudah dia miliki selama ini.

“Yaitu bagaimana rakyat memilih calon atau orang yang mewakili mereka atau kelompok mereka itu kedaulatan selama ini sudah ada di rakyat. Kita tidak ingin mengambil biarlah rakyat yang memilih, dan kewajiban kita sebagai partai politik yaitu menyiapkan bacaleg bacaleg berkualitas. Sehingga siapapun yang dipilih rakyat Kita yakin dia mampu berkontribusi untuk bangsa dan negara,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumsel, H.Bobby Adhityo Rizaldi menuturkan, hari ini dilaksanakan Rakerda. Tadi yang disampaikan bahwa Rakerda  ini lanjutan Rakernas di Jakarta, yang nantinya kita acara ini kita akan masukkan dengan kabupaten.

“Setelah Rakerda ini, kita harus mempercepat kerja kerja dan giat elektoral. Sehingga nantinya pada saat tahapan pemilu sudah memasuki kampanye kita sudah siap,” katanya.

Saran dan masukkan untuk para caleg tadi sudah disampaikan, lanjutnya, bahwa kita memiliki caleg-caleg yang nantinya akan melakukan kerja kerja partai yang merupakan representasi partai yang dicintai masyarakat.

“Sehingga nantinya mereka adalah agar dapat terdepan untuk memenangkan Golkar di tahun 2024 kita posisinya mempertahankan kemenangan dari 2019,” pungkasnya.

Bagikan: