Palembang – Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Mirror melaksanakan kegiatan Talkshow, di Ruang Seminar Lantai 4 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Kampus A UIN Raden Fatah Palembang, Sabtu (19 Agustus 2023).

Diikuti oleh 98 peserta dari fakultas berbeda. Dan kegiatan ini, dilatarbelakangi oleh antusiasme mahasiswa terutama para mahasiswa S1 yang memiliki minat besar untuk mencari informasi mengenai beasiswa yang bisa didapatkan di UIN Raden Fatah Palembang. Namun, terkendala oleh informasi dan agar bisa memberikan stimulus terhadap mahasiswa agar menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif melalui membuat content yang berkualitas.

Apalagi beberapa informasi yang tersebar bersifat normatif yaitu informasi yang tersedia terbatas saja. Banyak cara-cara tidak tertulis yang itu sebenarnya sangat penting sehingga UKMK Mirror mencoba mewadahi hal tersebut pada kegiatan Talkshow yang dikemas sebaik mungkin.

UKMK Mirror sendiri berfokus pada dunia digital creator, sehingga tema besar pada kegiatan ini juga membahas tentang bagaimana cara kita memanfaatkan perkembangan digital terutama bisa menjadikan kita sebagai insan yang peka terhadap perkembangan zaman, sehingga bisa membuat kita mempunyai peluang baik dari segi membangun personal branding, edukasi, meningkatman public speaking, menumbuhkan jiwa entrepreneur.

Talkshow ini menghadirkan dua pembicara yaitu Mail Hilian Batin, S.E.I., ME dari content creator sekaligus dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Dr. Ria Agustina, LC., MA., Ph.D Dosen FEBI sekaligus Awardee LPDP RI di Jordan.

M. Farhan Syauqi salah satu panitia dalam kegiatan ini, dirinya merasa bersyukur acara berjalan sangat lancar, interaktif, dan menyenangkan. Hal ini terlihat dari para peserta yang sangat antusias dan aktif bertanya dikarenakan para narasumber yang berpengalaman membagikan ilmu mengenai informasi hingga tips dan trik.

Muhammad Syarief Syafei Ketua Umum UKMK Mirror, menyampaikan harapannya semoga dengan adanya acara ini bisa menjadi salah satu wadah yang tepat untuk sarana berbagi informasi. “Dan menjadi dorongan para peserta sekaligus panitia yang ikut kegiatan talkshow agar lebih semangat mengejar cita-cita impian meraih beasiswa dan selalu menumbuhkan jiwa kreatif pada perkembangan dunia digital,”katanya.

Ditempat yang sama, Imam Santoso, M.Pd sekaligus Pembina UKMK Mirror mengungkapkan bahwa kegiatan ini bisa menjadikan pintu awal, membuka cakrawala kita semua bahwa untuk kreatif dan berinovasi pada dunia creator kita harus mencoba dan tumbuhkan jiwa berani yang percaya diri agar skill kita selalu terarah dan terasah dengan sendirinya.

“Sama seperti saat kita mencari info mengenai beasiswa bahwa beasiswa yang ada di UIN Raden Fatah Palembang itu sangat banyak kalau kita rajin membuka web, melek digital, jangan menunggu, harus kreatif dan sering bertanya,”ungkapnya.

Menurut Mail Hilian Batin, salah satu pembicara, mengatakan bahwa seharusnya kemampuan memanfaatkan teknologi digital itu sebagai basis untuk mengembangkan diri dan usahanya sehingga dapat berkontribusi mendorong jiwa inovatif dan kreatifitas dalam diri kita, “sehingga kita bisa memanfaatkan perkembangan digital dengan menghasilkan pundi-pundi uang,”tambahya.

Pembica Kedua Ria Agustina, berpesan pertama harus Fokus dan Totalitas dalam meniti langkah menuju apa yg dicita-citakan. Kedua, Informasi beasiswa UIN Raden fatah baik yang external maupun Internal terbuka luas dan dapat diakses di website serta media sosial UIN Raden Fatah.

“Ketiga, Iringi setiap usaha yang dilakukan dg niat yang tulus, insyallah bonus pasti akan turut include,”pungkasnya.

Bagikan: