Banda Aceh, Indo Merdeka – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Banda Aceh menyerahkan manfaat program senilai Rp197,5 juta kepada ahli waris petugas pasar Kota Banda Aceh Almarhum Ade Irawan.

“Almarhum sehari-hari bekerja sebagai petugas pasar, Ia baru terdaftar tiga tahun kepesertaan, iurannya jika dihitung baru 1 Jutaan, namun sudah mendapatkan fasilitas atau manfaat sebesar Rp197,5 juta,” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh M. Nurdin di Banda Aceh, Selasa.

 

Penyerahan manfaat BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis dilakukan pada sesi Pelatihan Akses Pasar Produk UMK ke Ritel Modern di Kota Banda Aceh yang dihadiri oleh 45 pelaku usaha mikro kecil Kota Banda Aceh.

Ia menjelaskan besaran manfaat tersebut terdiri dari santunan kematian sebesar Rp42 Juta dan manfaat beasiswa bagi dua orang anak yang akan diberikan setiap tahunnya hingga keduanya menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan total kumulatif sebesar Rp155,5 Juta.

 

Ia mengatakan manfaat beasiswa pendidikan dari BPJS Ketenagakerjaan dimaksudkan agar kedua anak tetap dapat melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi ketika tulang punggung keluarga yang mencari nafkah telah tiada.

 

“Saya mengajak pelaku usaha untuk mendaftarkan diri dalam BPJS Ketenagakerjaan karena akan banyak manfaat yang akan diterima para pekerja nantinya,” katanya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh Syarifah Wan Fatimah mengatakan manfaat beasiswa yang diterima oleh keluarga ketika pencari nafkah yang meninggal terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sangat besar.

 

Ia merincikan biaya beasiswa kedua anak Almarhum yang SD dan SMP akan diberikan per Tahun. Anak yang SD mendapatkan Rp1,5 juta dan anak yang SMP mendapatkan Rp2 Juta.

 

“Besaran beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan dibayarkan berdasarkan jenjang Pendidikan dan anak-anak tetap sekolah hingga perguruan tinggi tanpa harus berpikir biaya,” katanya.

 

Ia menambahkan lewat program tersebut turut menyukseskan program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan ekstrem dan juga sebagai bagian dari upaya menekan angka putus sekolah dan angka buta huruf.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki 5 program utama yaitu Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun.(Rilis)

Bagikan: