Jakarta, Indo Merdeka – Ratusan Mahasiswa dan Pemuda yang terhimpun diri dalam Poros Muda Nusantara (PMN) melakukan aksi demonstrasi di Kantor PT Cemindo Gemilang TBK Gama Tower 43th Floor Jl. HR. Rasuna Said Kav C-22 Jakarta Selatan. Mereka mendesak pihak Perusahaan untuk menghentikan akvitas pelabuhan khusus yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

 

Koordinator Nasional Poros Muda Nusantara Admiral Ronika menyampaikan Pihak Perusahaan harus bertanggung jawab dengan para nelayan dan petani setempat khususnya Saudari Vince Erlington Indigo sebagai salah satu Pimpinan Perusahaan yang telah membohongi Rakyat sekitaran pertambangan di Kabupaten Lebak, terlebih aktivitas tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Mentri LHK RI No. 4 tahun 2012.

 

“Kami minta Saudari Vince Erlington Indigo segera temui rakyat khususnya petani dan nelayan sekitar lingkungan pertambangan, bila perlu Pimpinan Perusahaan pecat saja saudari tersebut karena sudah bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat sekitar, dan pihak perusahaan mesti perbaiki itu Aktivitas – Aktivitas produksi pertambangan yang tidak sesuai dengan peraturan mentri LKH No. 4 Tahun 2012 dimana jarak minimal 500 meter dari pemukiman warga,” katanya, Jumat (12/01/2024).

 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sebelum aksi dilaksanakan pihaknya telah mengirimkan surat kepada Dirjen Mineral Dan Batu Bara untuk mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) karena tidak sesuai dengan peraturan, selain itu aktivitas pertambangan juga telah menganggu produktivitas perkebunan dan persawahan karena dengan adanya pertambangan diwilayah tersebut menyebabkan perairan yang mengalir sawah menjadi kering.

 

“Kami meminta Dirjen pertambangan laut untuk menghentikan aktivitas pelabuhan khusus milik PT. Cemindo Gemilang sampai janji kepada nelayan tepati,” ucapnya

 

Lebih lanjut, Miral akan mengadakan aksi besar-besaran di Lokasi pertambangan PT Cemindo Gemilang di kabupaten Lebak bersama masyarakat setempat dan Kementerian Lingkungan Hidup bila tuntutan mereka tidak segera direalisasikan. (Ril)

Bagikan: