PALI, Indo Merdeka  – Dalam rangka mendukung penghijaun kepada hutan di Indonesia khususnya wilayah kawasan hutan di Provinsi Sumatera Selatan Komandan Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI M Tohir dan Komandan Kodim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha SH MIP bersama Pemerintah serta DLKH Provinsi Sumsel gelar penanaman pohon. Senin, (15/1/2024).

Dalam pantauan di lapangan, kegiatan penaman pohon yang di lakukan oleh seluruh jajaran Kodim 0404 Muara Enim tersebut merupakan sebagai bentuk dukungan dan komitmen satuan TNI Angkatan Darat dalam mendukung menghijaukan lingkungan.

Menurut Danrem 044 Gapo Brigjen TNI M Tohir, penaman pohon yang di lakukan oleh jajaran nya tersebut merupakan sebagai bentuk langkah kongkrit komitmen dari TNI AD yang selalu mendukung dalam upaya menjaga dan menghijaukan melestarikan lingkungan.

” Alhamdulillah, kegiatan ini merupakan atas gagasan bersama yang kami lakukan dari TNI AD melalui Perintahkan langsung Bapak Panglima TNI dan Bapak KSAD kepada seluruh jajaran nya, bahwasany untuk dapat trus bersama dalam menjaga melestarikan alam ,” tutur Brigjen TNI M Tohir.

Danrem menerangkan, diri nya kedepan akan trus meningkatkan dalam upaya program yang dilakukan tersebut yaitu dalam program penaman pohon di wilayah Korem 044 Gapo, karena hal itu, lanjut nya selaras dengan dorongan dari hati nya sebagai langkah Mitigasi upaya mencegah bencana alam.

” Karena bisa kita lihat, banyak timbul nya bencana alam saat, banjir dan tanah longsor di karenakan banyak rusak nya di lingkungan alam, oleh sebab itu, program harus bersama-sama di dukung sebagai bentuk langkah awal kita bersama dalam menjaga melestariakan alam ,” terangnya.

Lebih jauh, Danrem mengungkap kan, dalam program kegiatan penanaman Pohon tersebut harus sama-sama dapat di dukung secara serius berkesinambungan dan tidak hanya sebagai ajang ceremonial belaka, kemudian Danrem juga mengajak untuk dapat menjaga dan merawat bersama-sama tanaman yang telah di tanam tersebut.

” Untuk terget penanaman pohon sendiri, kami jajaran Korem Gapo akan menargetkan yaitu sebanya 5 ribu Hektar dalam program ini, dan kedepan bibit yang banyak akan di tanam yaitu pohon-pohonan bernilai ekonomis di masyarakat ,” ungkap nya.

Pada kesempatan itu, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha menjelaskan memilih Kecamatan Benakat Minyak karena merupakan wilayah tersebut selain berbatasan langsung 3 Kabupaten Kota wilayah Kodim 0404 Muaraenim juga wilayah kawasan hutan tersebut, merupkan wilayah kawasan hutan produksi menurut dari DLHK Provinsi Sumsel.

” Untuk program penaman pohoh hari ini kami lakukan sebanyak 2000 bibit batang pohon, terdiri dari bibit tanaman produksi yang dapat di Konsumsi, terdiri dari bibit pohon nangka, bibit pohon durian, dan bibi petai dan jengkol seluas 5 Hektar ,” jelasnya Dandim.

Sementara itu, Wakil Bupati Pali H Sumarjono, sangat mendukung dan mengapresiasi program yang di lakukan oleh jajaran TNI AD khususnyq Korem 044 Gapo dan Kodim 0404 Muara Enim yaitu dalam prgram penanaman pohon tersebut

Karena, dalam program tersebut selain bertujuan sebagai bentuk langkah upayah menjaga melestararikan alam juga hal itu, bertujuan dapat khususnya dapat meningkatkan nilai semangat bagi generasi muda dalam upaya melestarikan alam.

” Program ini harus kita dukung, kita jaga dan harus dapat kita tingkatkan, karena siapa lagi menjaga dalam melestarikan alam ini kalau bukan di mulai dari kita sendiri, dari itu saya mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan bersama-sama kita jaga dan kita tingkatkan ,” pungkasnya. (Deri)

Bagikan: