Muara Enim, Indo Merdeka – Polres Muara Enim Polda Sumsel, menggelar Jumat Curhat untuk menyerap aspirasi dan keluhan dari masyarakat. Di Desa Muara Harapan Kec. Muara Enim Kab. Muara Enim, Jumat (19/1/24).

Antusias warga masyarakat setempat sangat tinggi dalam menyampaikan aspirasi dan keluhannya, dan mereka begitu khidmat mendengarkan materi – materi serta jawaban yang disampaikan oleh pihak Kepolisian..

Tanggapan dari Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MM melalui KBO Sat Binmas Ipda Hendrianto terkait pertanyaan masyarakat mengenai tilang elektronik dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja sangat informatif.

Pertama, terkait tilang elektronik, penjelasan bahwa tilang memiliki fungsi untuk menjaga ketertiban masyarakat dan memberikan kesadaran kepada pengguna jalan raya untuk mematuhi aturan lalu lintas., seperti kamera ETLE yang aktif selama 24 jam, memungkinkan penindakan pelanggaran lalu lintas yang lebih efisien dan cepat. Hal ini sejalan dengan upaya Polri dalam meningkatkan keamanan pengguna jalan.

Kedua, terkait penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, penekanan pada peran orang tua sangat penting. Pergaulan yang baik dan pengawasan yang intensif dari orang tua dapat menjadi faktor kunci dalam mencegah remaja terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Memberikan waktu khusus untuk berinteraksi dengan anak di luar rutinitas sehari-hari juga merupakan langkah positif untuk membangun kepercayaan dan memahami perasaan anak,”ucap Ipda Hendrianto.

Senada dengan penjelasan KBO Sat Narkoba Ipda Subagio terkait peran orang tua dalam pertumbuhan anak dan memberikan arah yang positif. Mengingat anak-anak sebagai amanah dari Tuhan kepada orang tua, hal ini mencerminkan pentingnya tanggung jawab orang tua dalam membimbing, mendidik, dan memberikan nilai-nilai moral kepada anak-anak.

Harapan Ipda Subagio agar anak-anak menjadi anak yang sholih-sholihah, yang bermanfaat bagi orang tua, agama, dan negara, mencerminkan keinginan untuk melihat generasi muda tumbuh menjadi individu yang baik, bertanggung jawab, dan memiliki nilai-nilai positif. Peran orang tua sebagai teladan dan pembimbing sangat krusial dalam membentuk karakter anak-anak.

Dalam pencegahan narkoba, pendekatan yang menekankan nilai-nilai agama, moral, dan tanggung jawab sosial dapat menjadi strategi efektif. Dengan membentuk dasar moral yang kuat, diharapkan anak-anak akan mampu mengambil keputusan yang bijak dan menolak godaan penyalahgunaan narkoba.

Semoga kesadaran akan pentingnya peran orang tua terus ditingkatkan di masyarakat, sehingga upaya pencegahan terhadap masalah narkoba dapat dilakukan secara bersama-sama untuk melindungi generasi muda,”harap Ipda Subagio

Kegiatan Jumat Curhat dihadiri oleh KBO Sat Reskrim Polres Muara Enim Iptu Yulisman, SH, KBO Sat Binmas Ipda Hendrianto, KBO Sat Narkoba Ipda Subagio, KBO Sat Intelkam Iptu Agus Heriadi, Kanit Patroli Sat Samapta Aiptu Herpian dan Perangkat Desa Muara Harapan. (ril/Deri)

Bagikan: