Palembang, Indo Merdeka– Penjabat (Pj) Walikota Palembang, H Ratu Dewa, memastikan bahwa kondisi perekonomian kota Palembang masih dalam keadaan baik dan terkendali. Pernyataan ini disampaikan setelah beliau menyaksikan paparan rilis Berita Resmi Statistik (BRS) Februari dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palembang, yang mencakup pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

“Alhamdulillah, kondisi masih terkendali dan baik, terutama menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri,” kata Ratu Dewa di Kantor BPS Kota Palembang pada Jumat (1/3/2024).

Ratu Dewa menekankan bahwa berdasarkan data statistik, beliau akan terus memastikan agar perekonomian tetap terpelihara, terkoordinasi, dan berada dalam kondisi yang baik.

“Ini juga terkait dengan kebutuhan bahan pokok, seperti harga daging dan beras yang perlu diantisipasi,” ujarnya.

Pemerintah Kota Palembang juga akan terus memantau perkembangan harga di pasar, termasuk melalui operasi pasar murah untuk beberapa item yang perlu disubsidi.

Kepala BPS Kota Palembang, Yudhistira Arya Noegraha, menjelaskan bahwa data statistik Februari menunjukkan angka inflasi Kota Palembang sebesar 0,21 dengan Year On Year sebesar 2,63.

“Year On Year inflasi 2,63 relatif lebih baik dibandingkan dengan Year On Year Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Yudhistira juga menyatakan bahwa angka Year On Year Inflasi sebesar 2,63 untuk tahun ini relatif lebih baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Inflasi bulan ini dipengaruhi oleh tiga komoditas penting, yaitu cabai, daging ayam, dan beras,” tutupnya.(*)

Bagikan: