Palembang, Indo Merdeka – Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan mengelar Kickoff Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) dengan tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah, di Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumse, Senin (18/3/2024).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Ricky P Gozali mengatakan tugas utama BI salah satunya adalah menyiapkan uang rupiah, jumlah cukup, pecahanya tepat, dan kondisi layak edark. Terutama tugas ini menjadi penting saat ramadhan, dimana masyarakat membutuhkan uang untuk suatu acara yang hanya ada di Indonesia yaitu memberikan hadiah atau santunan kepada sanak saudara dalam pecahan uang yang mereka inginkan.

Jelasnya, Ini adalah tugas BI menyiapkan kebutuhan dari masyarakat terhadap kegiatan ini yang membutuhkan uang baru. Beda uang baru dan uang lama karena sanak saudara kita diberi uang baru itu sangat senang sekali dan itu hanya ada di saat moment ramadhan dan Idulfitri.

“Untuk itu, BI telah menyiapkan kebutuhan uang pada periode Ramadhan dan Idulfitri sebanyak Rp5.3 Triliun, naik 12 % dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp4,7 Triliun. Dan di Sumsel sendiri, BI telah menyiapkan Rp.5.3 Triliun pada pada Ramadhan dan Idulitri 1445 H ” katanya.

Lanjutnya, secara Nasional BI menyiapkan uang sebanyak Rp197.6 Triliun. Karena nasional kebutuhan uang rupiahnya diperkirakan mencapai Rp197,6 Triliun, ini naik 4,65 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Kenaikan ini diperkirakan akan terjadi, karena kebutuhan semakin baik, Covid sudah lewat, aktivitas ekonomi bergerak tumbuh, kebutuhan uang meningkat,”ungkapnya.

Selama Ramadhan dan Idul Fitri, BI Sumsel menyediakan layanan tukar uang di 145 titik yang tersebar di Sumatera Selatan, seperti pada tahun lalu, BI Sumsel juga akan melakukan kegiatan susur sungai Musi bekerjasama dengan TNI AL dalam rangka menjangkau daerah blank spot yang kesulitan untuk mendapatkan layanan penukaran uang cash.

“BI Sumsel menyediakan penukaran uang cash keliling di pusat perbelanjaan modern Palembang Indah Mall (PIM), bandara, stasiun LRT, Rest Area Tol Kayu Agung dan juga di area Benteng Kuto Besak (BKB),” jelasnya.

Untuk layanan penukaran uangnya, Tambahnya, di mulai tanggal  25 Maret hingga 3 April 2024, agar tidak antri lagi, ia menghimbau agar masyarakat terlebih dahulu melakukan aktivasi online melalui Aplikasi Si Pintar dimulai pada 18 Maret.

“Untuk hari dan waktu serta batasan penukaran uang menyesuaikan kebijakan bank masing-masing,” katanya.

Tak hanya itu, BI Sumsel juga akan melakukan kegiatan BI Peduli Mudik yaitu dengan menyediakan penukaran uang cash keliling di tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan modern Palembang Indah Mall, bandara, stasiun LRT, Rest Area Tol Kayu Agung dan juga di area Benteng Kuto Besak (BKB).

“Penukaran dapat dilakukan terlebih dahulu melakukan aktivasi online melalui Aplikasi Si Pintar dimulai pada 18 Maret hingga 15 April 2024,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian, Pembangunan & Investasi Rudi Indawan., SH., M.Kn mengatakan, bahwa pihaknya dari Pemerintah Kota Palembang sangat mengapresiasi kegiatan SERAMBI ini, karena sangat membantu masyarakat dan membudayakan budaya yang sudah lama ada di Indonesia.

“Dan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat tidak perlu khawatir saat penukaran uang karena sudah pasti asli,”tambahnya.

Ia juga menghimbau masyarakat, untuk masyarakat jangan membeli uang dicalog-calog yang tidak jelas itu.

“Maka dari itu tetap tukar uang di BI. Ayo kita samarakan Ramadhan, kita nikmati Ramadhan dan kita sambut Idulfitri dengan suka cita,”tutupnya.

Bagikan: