Muara Enim, Indo Merdeka – Banyaknya keluhan masyarakat akan kondisi jalan yang berlobang dan sering menjadi biang kecelakaan dan kemacetan, akhirnya Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali meninjau langsung ke lokasi jalan rusak di Jalan Pramuka III, Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Senin (25/3/2024).

Dari pengamatan dilapangan, pada ruas jalan Pramuka III tersebut setidaknya ada beberapa titik yang mengalami kerusakan yang cukup parah dan sering membahayakan para pengguna jalan akibat terjebak. Karena kondisi jalan yang berlobang pada saat musim penghujan sering tergenang air sehingga tidak terlihat jika ada jalan berlobang. Selain itu menjadi sumber kemacetan sebab kendaraan yang melintas terpaksa berjalan sangat pelan untuk menghindari lobang, belum lagi kendaraan yang parkir sembarangan sehingga membuat badan jalan semakin menyempit.

“Jalan ini rusak sudah bertahun-tahun namun sepertinya dicuekin, padahal jalan ini sangat vital dan ditengah kota, tidak mungkin pejabat di Muara Enim tidak tahu. Dan jalan ini sudah sering memakan korban,” tegas warga setempat Teguh yang sehari-harinya sebagai pedagang pasar Inpres Muara Enim, Senin (25/3/2024).

Menurut Teguh (54), penyebab jalan tersebut mudah rusak, salah satu faktornya akibat air selokan manpat sehingga debit airnya banyak menyebabkan airnya sering menggenangi jalan tersebut.

Dampaknya, jalan mudah rusak dan berlobang yang akhirnya sangat membahayakan para pengguna jalan.
“Tahun kemarin sempat ada warga secara swadaya menampalnya dengan semen. Tapi itu sifatnya hanya sementara sebab sekarang semenannya sudah hancur kembali karena jalan sering terendam air,” tegasnya.

Sementara itu Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali yang didampingi Plt Kadis PUPR Kabupaten Muara Enim Suhermansyah mengatakan bahwa dari hasil peninjauannya ke lokasi ternyata kondisi jalan ini lebih rendah ditambah saluran air yang tersumbat dan tidak bisa mengalir sehingga mempercepat kerusakan.

Untuk itu, pihaknya akan secepatnya melakukan perbaikan dengan dianggarkan pada ABT APBD Muara Enim tahun 2024 ini dengan jalan Cor Beton sehingga lebih tahan terhadap air. Kemudian seluruh gorong-gorong akan diperbaiki sehingga bisa berfungsi dan mengalirkan air.
“Dari peninjauan ini, ditaksir panjang jalan yang akan dibenahi sekitar 100 meter terbagi di dua titik, titik pertama 50 meter dan titik kedua 50 meter,” pungkasnya.

Ditambahkan Rizali, setelah dilakukan perbaikan gorong-gorong dan jalan nanti, supaya diatur kembali terutama untuk parkir dijalan supaya tidak menjadi sumber kemacetan akibat parkir yang terlalu memakan badan jalan serta memasang rambu-rambu lalu lintas supaya lalulintas lebih tertib. (Deri)

Bagikan: