Palembang, Indo Merdeka – Pemerintah Kota Palembang, melalui Penjabat (Pj) Walikota Palembang, Ratu Dewa, memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap program Bank Indonesia (BI) ‘Kegiatan Susur Sungai’ melalui Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024, yang diadakan di Riverside kompleks Benteng Kuto Besak Palembang pada Selasa (26/3/2024).

Program Susur Sungai adalah program pelayanan penukaran uang baru di daerah-daerah tertinggal, terpencil, dan terluar (3T). Penukaran uang ini juga merupakan komitmen BI dalam memastikan uang layak edar (ULE) tersedia menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Ratu Dewa mengatakan bahwa program ini penting karena melahirkan suatu budaya, seperti budaya kota Palembang dan budaya Sumatera Selatan. Selain mengatur peredaran uang yang bermanfaat bagi masyarakat Palembang di perairan Sungai Musi, program ini juga memiliki nilai wisata.

Menurut Ratu Dewa, komitmen yang kuat dari BI dan perbankan lainnya mendorong Pemerintah Kota Palembang untuk terus berinovasi agar warga Palembang dapat mengatur peredaran uang sehingga bermanfaat dalam setiap sektor, termasuk sektor terkecil.

Ratu Dewa menekankan pentingnya kerjasama yang terus ditingkatkan untuk warga Palembang, terutama di daerah pinggiran, dan menjadikan program ini sebagai destinasi bermanfaat bagi masyarakat, seperti di kawasan Pulau Kemaro.

“Saya kira bangunan kerjasama ini harus terus ditingkatkan bagi warga kota Palembang, khususnya di daerah pinggiran. Bahkan ini juga mampu menjadikan suatu destinasi yang bermanfaat untuk masyarakat Palembang seperti di kawasan pulau kemaro,” ucapnya.

“Apapun yang akan diberikan terhadap kesejahteraan masyarakat Palembang, kami akan support terus, karena memang ini merupakan program yang bermanfaat untuk masyarakat Palembang,” tambahnya.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan, Ricky Perdana Gozali, menjelaskan bahwa layanan penukaran ini bertujuan memenuhi kebutuhan uang pecahan menyambut Idul Fitri, khususnya di kawasan perairan. Selain penukaran uang, BI juga memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai keaslian uang rupiah dan cara merawatnya. (*)

Bagikan: